Kenali Gangguan Anxiety, Ini Gejala Fisik Penderita yang Perlu Diketahui

Kamis 25-07-2024,15:43 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Ketidakmampuan tubuh Anda untuk meningkatkan intensitas getaran juga dapat memperburuk gejala terkait kecemasan lainnya. Gejala kecemasan ini juga bisa terjadi pada gangguan kecemasan lainnya, seperti gangguan panik, fobia spesifik, dan agorafobia.

BACA JUGA:Resmi, Hanura Usung Sri Budiman-Septi Peryadi di Pilkada Bengkulu Tengah 2024, Disusul PDIP

BACA JUGA:Lebih Murah! Redmi Note 12 Pro Turun Harga Jadi 2 Jutaan, Cek Spesifikasi Lengkapnya

12. Tenggorokan Terasa Sesak

Perasaan ada yang mengganjal atau tersangkut di tenggorokan bisa disebabkan oleh rasa cemas. Ini disebut sensasi benda asing. Penyebab pastinya masih belum jelas, namun hal ini mungkin menimbulkan kekhawatiran. Anda mungkin berpikir Anda kehabisan bensin.

13. Mudah Terkejut

Penelitian menunjukkan bahwa mencoba memprediksi ancaman yang tidak diketahui adalah ciri umum dari kecemasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kewaspadaan terus-menerus dikaitkan dengan peningkatan "respon terkejut", sehingga Anda mungkin langsung melompat atau berteriak ketika seseorang menyentuh punggung Anda. Kamu bilang kamu khawatir.

14. Tubuh Kurang Mampu Melawan Infeksi

Saat Anda stress, tubuh Anda mungkin tidak mampu melawan infeksi. Faktanya, memikirkan sesuatu yang membuat Anda marah atau sedih saja dapat menurunkan respons sistem kekebalan tubuh Anda hanya dalam waktu 30 menit. 

Kecemasan yang menetap selama berhari-hari, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga mempersulit Anda. Melawan flu, herpes, herpes zoster dan virus lainnya.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Terbaru Redmi 13 C: HP Murah Entry Level dengan Memori Besar

BACA JUGA:Android 14 Sudah Hadir, Android 15 Menyusul: Apa yang Baru dan Kapan Dirilis?

15. Peningkatan Berat Badan

Kenyataannya, penurunan berat badan tidak selalu terjadi. Alasannya adalah koneksinya sangat rumit. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan akibat kecemasan antara lain:

Kortisol: Hormon stres kortisol adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa orang dengan kecemasan mengalami kesulitan mengendalikan berat badannya. Kortisol dilepaskan saat kita stres, artinya juga dilepaskan saat kita cemas. Kortisol menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut, dan inilah salah satu alasan utama orang kesulitan menjaga berat badan.

Makan berlebihan: Bagi sebagian orang, rasa cemas menyebabkan mereka makan berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena dua alasan: Pertama, beberapa orang berpendapat bahwa makanan adalah alat yang berharga untuk mengatasi masalah tersebut karena dapat melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. 

Kategori :