Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur? Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur? Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Setelah tidur malam, Anda pasti ingin bangun dengan perasaan segar, baik secara fisik maupun mental. Namun, terkadang Anda bisa terbangun dengan rasa sakit di seluruh tubuh. --Foto: https://nakita.grid.id--

Pola makan lain juga berdampak pada tubuh. Seperti contohnya, mengonsumsi makanan ala diet Mediterania dapat meningkatkan kesegaran di pagi hari dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet dan bahan tak sehat yang dapat menyebabkan peradangan.

BACA JUGA:Kenali Tanda-Tanda Kanker Ovarium pada Bayi Serta Penyebab dan Langkah Pengobatan

BACA JUGA:Wuling Cloud EV 2024: Mobil Listrik Pintar untuk Keluarga Modern, Intip Spesifikasi dan Harganya

6. Ada Penyakit Yang Mendasari

Beberapa penyakit dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri. Misalnya, hipotiroidisme dan penyakit Lyme dapat menyebabkan perasaan kaku, sakit, dan lemah. Sementara itu, lupus, demam reumatik, dan infeksi virus lainnya juga dapat menyebabkan bangun tidur dengan perasaan sakit.

Kekakuan dan nyeri akibat penyakit seringkali bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana seperti tetap terhidrasi, rutin berolahraga, makan dengan baik, dan menjaga kebersihan tidur yang baik. Dengan menerapkan perubahan-perubahan kecil ini, mungkin kamu akan merasakan perbaikan gejala yang kamu alami.

7. Kurang Tidur

Jika Anda sering begadang dan bangun keesokan harinya merasa tubuh sakit, kemungkinan besar disebabkan oleh kurang tidur. Kekurangan tidur dapat memengaruhi otak dan meningkatkan rasa nyeri tubuh. Aktivitas di korteks somatosensori, yang merupakan pusat persepsi lokasi dan intensitas nyeri, meningkat setelah mengalami kurang tidur.

BACA JUGA:Sinopsis Film Putri Bintang Lima, Ketika Cinta Terhalang Restu Karena Status Sosial

BACA JUGA:Madu Bisa Dipakai Buat Masker? Simak Manfaat dan Cara Penggunaannya

Kekurangan tidur juga dapat menurunkan aktivitas di striatum dan insula, area otak yang mengatur pelepasan dopamin atau hormon perasaan positif. Karena tubuh manusia bersifat kompleks, mungkin sulit untuk menentukan penyebab tubuh terasa sakit setelah bangun tidur.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pemeriksaan yang lebih mendalam. Dokter akan membantu mengidentifikasi penyebab masalah dan memberikan solusi berdasarkan diagnosis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: