Perlu Diwaspadai! Daftar Bahan Kosmetik Berikut Bisa Picu Kanker

Perlu Diwaspadai! Daftar Bahan Kosmetik Berikut Bisa Picu Kanker

Bahan kimia dan polutan yang berhubungan dengan kanker ditemukan dalam makanan, air, dan banyak produk lainnya setiap hari --Foto: https://ecsa-chemicals.ch--

RAKYATBENTENG.COM - Bahan kimia dan polutan yang berhubungan dengan kanker ditemukan dalam makanan, air, dan banyak produk lainnya setiap hari. 

Meskipun banyak bahan kimia dan kontaminan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi memiliki risiko rendah, paparan terhadap beberapa bahan tersebut telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker.

Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lebih dari 10.000 kosmetik mengandung zat terlarang dijual online secara gratis. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker kulit.

Hal ini terlihat dari pemantauan pasar online BPOM pada Januari hingga September 2023. 

BACA JUGA:Musim Hujan, Waspada Jalan Licin, Berikut Rekomendasi Ban Sepeda Motor Anti Licin

BACA JUGA:Tok! Pemerintah Resmi Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2025, Cek di Sini Daftarnya

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengintegrasikan bukti ilmiah dan mengklasifikasikan zat yang dipantau masing-masing dalam lima tingkatan:

Grup 1: Karsinogenik bagi manusia.

Grup 2A: Mungkin bersifat karsinogenik pada manusia.

Grup 2B: Mungkin bersifat karsinogenik pada manusia.

Grup 3: Tidak dapat diklasifikasikan berdasarkan sifat karsinogenisitasnya terhadap manusia.

Grup 4: Mungkin tidak bersifat karsinogenik pada manusia.

Dari 113 bahan yang terdaftar oleh IARC sebagai karsinogen (kelompok 1), 11 digunakan dalam produk perawatan pribadi: formaldehida, fenacetin, tar batubara, benzena, minyak mineral yang tidak dimurnikan atau mudah diproses, etilen oksida. 

Kromium, kadmium dan senyawanya, arsenik, dan silika atau kuarsa Untuk panduan memilih produk yang aman, kenali beberapa bahan perawatan kulit yang dapat menyebabkan kanker di bawah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: