Penting untuk Diperhatikan dalam Perawatan Mobil, Khususnya Bagi Pemilik Mobil Baru

Penting untuk Diperhatikan dalam Perawatan Mobil, Khususnya Bagi Pemilik Mobil Baru

Mempunyai mobil baru memang membuat bahagia, namun seringkali semangat kita membuat kita melupakan hal-hal penting dalam perawatan kendaraan --Foto: https://mobilmo.com--

Mengendarai mobil baru dengan kecepatan tinggi dan akselerasi agresif merupakan godaan yang sulit ditolak. Namun kebiasaan buruk ini bisa merusak mesin mobil. 

Pada 1000 kilometer pertama, komponen mesin masih dalam tahap penyesuaian. Menekan pedal gas terlalu dalam dapat menyebabkan komponen mesin cepat aus dan berisiko mengalami kerusakan mesin.

Untuk menjaga kondisi mesin tetap prima, hindari menekan pedal gas terlalu keras, terutama saat mobil masih baru. Akselerasi perlahan dan lancar. Dengan perawatan yang tepat sejak awal, mobil Anda akan tetap awet dan nyaman dikendarai.

BACA JUGA:Mengintip Harta Kekayaan Annisa Mahesa, Sosok Anggota DPR RI Termuda Berusia 23 Tahun

BACA JUGA:Diduga Sekelompok Begal Bawa Sajam Beraksi di Bengkulu Tengah, Pasutri Nyaris Jadi Korban

Berkendara Jarak Pendek Kondisi Mesin Dingin

Seringkali kita menggunakan mobil hanya untuk jarak yang sangat dekat, misalnya untuk pergi ke toko atau kantor terdekat. Kebiasaan ini, apalagi jika dilakukan saat mesin masih dingin, dapat menyebabkan terjadinya pengembunan pada ruang bakar.

Pengembunan ini dapat merusak komponen mesin dalam jangka panjang. Jika Anda sering melakukan perjalanan jarak dekat, ada baiknya Anda melakukan pemanasan mesin terlebih dahulu sebelum berkendara. 

Biarkan mesin bekerja selama beberapa menit hingga mencapai suhu normal. Dengan cara ini, kondensasi dapat menguap tanpa merusak komponen mesin.

BACA JUGA:Mencari Smartphone Jaringan 5G? Vivo Y100 5G Boleh Dicoba, Berikut Spesifikasi Lengkap

BACA JUGA:Update Harga Emas Hari Ini, Kamis 3 Oktober Emas Dunia Naik Rp4 RIbu dan Emas Antam Naik Rp5 Ribu

Mengganti Gigi Asal

Banyak pemilik mobil baru yang tidak memperhatikan cara mengganti persneling dengan benar. Perpindahan mesin secara tiba-tiba atau dalam kecepatan tinggi dapat menyebabkan keausan transmisi. 

Untuk menjaga transmisi tetap stabil, pindahkan gigi dengan lancar dan pada kecepatan mesin yang benar. Selain itu, hindari menarik tuas transmisi dengan paksa. Jika sulit mengganti gigi, sebaiknya periksa kembali apakah posisi tuas transmisi sudah benar.

Mengabaikan Perawatan Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: