Sering Melihat Penggunaan Helm Proyek? Ketahui Arti Warna Helm Proyek

Sering Melihat Penggunaan Helm Proyek? Ketahui Arti Warna Helm Proyek

Helm proyek atau helm digunakan oleh pekerja konstruksi di lokasi untuk alasan keamanan --Foto: https://www.koctas.com.tr--

RAKYATBENTENG.COM - Helm proyek atau helm digunakan oleh pekerja konstruksi di lokasi untuk alasan keamanan. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa helm proyek memiliki arti dan makna berdasarkan warnanya.

Candrianto, ST. M.Pd menulis dalam bukunya Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bahwa helm proyek merupakan bagian dari APD (alat pelindung diri) yang digunakan dalam bekerja. 

Helm keselamatan dapat melindungi dari api, uap panas, produk korosif, dan debu yang dihasilkan oleh mesin besar.

BACA JUGA:PT GDPS Buka Loker BUMN Khusus Lulusan SMA Sederajat, Ini Posisi dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

BACA JUGA:Bergaya Retro Royal Enfield Classic 500, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Selain sebagai helm safety, perbedaan warna pada helm proyek juga berfungsi untuk mengidentifikasi posisi atau posisi orang yang menggunakannya. Warna helm sengaja dipilih mencolok, seperti kuning, oranye, hijau, biru, merah dan lain-lain.

Warna ini dipilih agar pekerja dapat lebih mudah melihatnya di lokasi, sehingga mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. Misalnya, helm berwarna merah muda digunakan untuk membedakan pekerja dari pekerja magang di lokasi konstruksi.

Selain helm berwarna pink, ada warna lain yang membedakan identitas para pekerja. Di bawah ini adalah penjelasan tambahan mengenai warna helm proyek tersebut.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar HP Realme GT Series RAM 12GB Termurah, Khusus Buat Gamers

BACA JUGA:BREAKING NEWS: 2 Hektare Lahan Kebun Sawit Ludes Terbakar

Warna-Warna Helm Proyek

Mengutip buku SAFETY: Safety Management terbitan AFA Group, ada 7 warna helm proyek yang sering digunakan. Warna-warna tersebut antara lain:

1. Kuning

Pekerja yang memakai helm safety warna kuning biasanya adalah operator, kontraktor, buruh atau pekerja umum. Dengan warna yang cerah ini akan mudah terlihat saat kendaraan melewati area proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: