Kabar Gembira Bagi Penggemar Playstation, Sony Luncurkan PS5 Pro

Kabar Gembira Bagi Penggemar Playstation, Sony Luncurkan PS5 Pro

Sony beberapa waktu lalu telah mengumumkan kehadiran konsol keluarga barunya PlayStation 5 (PS5), yakni PS5 Pro, pada 10 September lalu --Foto: https://telset.id--

RAKYATBENTENG.COM - Sony beberapa waktu lalu telah mengumumkan kehadiran konsol keluarga barunya PlayStation 5 (PS5), yakni PS5 Pro, pada 10 September lalu. 

Konsol ini melengkapi model “klasik” PS5 dan PS5 Slim yang sudah ada di pasaran. Sesuai dengan namanya, label Pro memposisikan PS5 Pro sebagai konsol PS5 terkuat milik Sony hingga saat ini.

Dibandingkan versi standar, PS5 Pro memiliki tiga peningkatan besar, yaitu unit pemrosesan grafis (GPU), teknik pemrosesan efek pencahayaan realistis, disebut juga ray tracing, dan kinerja teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas gambar (scaling).

BACA JUGA:Momen Haru Pj Bupati Heri Roni Melepas Rachmat Riyanto sebagai Sekda Bengkulu Tengah

BACA JUGA:5 Perbedaan Body Serum dan Body Lotion, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit?

Di bidang GPU, Sony mengklaim bahwa GPU PS5 Pro lebih besar dan memiliki core (unit komputasi/CU) 67% lebih banyak dibandingkan GPU PS5. Jumlah CU di PS5 Pro mencapai sekitar 60 unit, sedangkan PS5 sebanyak 36 unit.

Jumlah CU yang lebih tinggi ini akan memungkinkan PS5 Pro merender grafis 45% lebih cepat dibandingkan PS5. Untuk mendukung hal tersebut, Sony juga membuat memori GPU PS5 Pro 28% lebih cepat dibandingkan PS5 biasa.

Soal aspek ray tracing, Sony mengklaim PS5 Pro mampu memproses teknik pemrosesan visual ini tiga kali lebih cepat dibandingkan PS5 klasik. Sehingga pengalaman bermain game akan lebih lancar tanpa stuttering ketika konsol memproses game dengan banyak efek visual yang cerah.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Film Terbaik Tentang CIA yang Penuh Aksi dan Intrik, Wajib Tonton!

BACA JUGA:Film Laura yang Diangkat dari Kisah Nyata Seorang Influencer, Berikut Sinopsisnya

Selanjutnya, dalam hal peningkatan AI, Sony memperkenalkan teknologi baru yang disebut PlayStation Spectral Super Resolusi (PSSR). 

Seperti Nvidia DLSS atau AMD FidelityFX FSR, teknologi ini mampu meningkatkan kualitas dan tingkat ketajaman gambar game dengan AI. 

Fitur lain yang terdapat di PS5 Pro selain PS5 standar adalah PS5 Pro Game Boost yang diklaim dapat meningkatkan performa game PS4 saat dimainkan di konsol PS5 Pro.

Karena ketersediaannya, PS5 Pro sudah bisa dipesan di banyak negara mulai 26 September 2024, dan akan dirilis di beberapa negara pada 7 November 2024. Harga konsol ini US$700 (sekitar Rp 10,8 juta) lebih mahal dibandingkan PS5 yang dibanderol US$400 (sekitar Rp 6,1 juta) untuk versi digitalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: