Hobi Membaca Buku Menjelang Tidur? Simak Manfaatnya

Hobi Membaca Buku Menjelang Tidur? Simak Manfaatnya

Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mendidik --Foto: https://www.educenter.id--

RAKYATBENTENG.COM - Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mendidik. Anda bisa dibawa ke dunia lain yang penuh petualangan, romansa atau sains hanya dengan membuka buku. 

Namun, tahukah Anda kalau membaca sebelum tidur punya banyak manfaat? Aktivitas sederhana ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan fisik Anda. 

Berikut lima alasan mengapa Anda harus membiasakan membaca di malam hari.

BACA JUGA:Update Harga Emas Dunia dan Antam Hari Ini, Selasa 10 September

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Ditutup Hari Ini, Cek Daftar Instansi dengan Jumlah Pelamar Terbanyak dan Paling Sedikit

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat membaca sebelum tidur adalah dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research, orang yang membaca sebelum tidur melaporkan tidur yang lebih nyenyak dibandingkan mereka yang tidak.

Aktivitas membaca ini membantu otak beralih dari mode aktif ke mode santai sehingga Anda lebih mudah tertidur. Selain itu, membaca buku di malam hari juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari stres atau kecemasan yang kerap mengganggu tidur.

2. Mengurangi Screen Time

Kita semua tahu bahwa terlalu banyak menonton layar sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berperan penting dalam pengaturan siklus tidur.

BACA JUGA:Daftar Promo Makanan Spesial 9.9! Roti'O Mulai dari Rp9 Ribuan, HokBen dan PHD Rp99 Ribu

BACA JUGA:Promo Spesial 9.9 Pizza Hut! Quertza Pizza Rp99 Ribu, All You Can Eat Diskon 70 Persen

Dengan mengganti waktu pemakaian perangkat dengan membaca buku fisik, Anda dapat mengurangi efek negatif ini. Mata Anda tidak akan terasa lelah berlama-lama menatap layar, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan istirahat keesokan harinya.

3. Mengurangi Stres Dan Membantu Relaksasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: