Sering Dianggap Mirip, Simak Perbedaan Anxiety Disorder dan Panic Attack

Sering Dianggap Mirip, Simak Perbedaan Anxiety Disorder dan Panic Attack

Ilustrasi--

Sementara itu, panic attack adalah serangan panik yang muncul tiba-tiba dan biasanya berlangsung dalam waktu singkat, sekitar 10-20 menit. 

Serangan ini sering disertai dengan gejala fisik yang intens dan mendadak, seperti Jantung berdebar-debar, Keringat berlebihan, Sesak napas, Dada terasa sakit atau tidak nyaman, serta Perasaan kehilangan kontrol atau ketakutan akan kematian.

Panic attack bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada mereka yang tidak menderita anxiety disorder. 

Namun, mereka yang mengalami panic attack berulang kali mungkin menderita panic disorder, yaitu suatu kondisi yang ditandai oleh serangan panik yang sering dan tak terduga.

BACA JUGA:35 Kepala Daerah Tidak Hadir Saat Pertemuan dengan Presiden Jokowi di IKN

BACA JUGA:Penasaran dengan Smartphone Samsung Keluaran Terbaru? Simak Spesifikasi dan Harganya

Perbedaan Utama Antara Anxiety Disorder dan Panic Attack

Meskipun keduanya bisa menimbulkan rasa takut dan tidak nyaman, ada beberapa perbedaan kunci antara anxiety disorder dan panic attack:

1. Durasi: Anxiety disorder adalah kondisi jangka panjang, sementara panic attack biasanya berlangsung singkat dan tiba-tiba.

2. Intensitas Gejala: Gejala anxiety disorder cenderung lebih ringan tetapi berkepanjangan, sementara gejala panic attack sangat intens dan tiba-tiba.

3. Pemicunya: Anxiety disorder sering kali dipicu oleh situasi atau pikiran tertentu, sedangkan panic attack bisa muncul tanpa sebab yang jelas.

4. Fokus Ketakutan: Penderita anxiety disorder sering kali khawatir tentang berbagai aspek kehidupan, sedangkan panic attack lebih fokus pada rasa takut akan kehilangan kendali atau kematian.

BACA JUGA:Petani Kopi Full Senyum Lagi! Sempat Turun, Harga Kopi Dikabarkan Kembali Naik, Cek Harga Terkini

BACA JUGA:Beberapa Smartphone Realme Sudah Dilengkapi Teknologi Vapor Chamber, Apa Keunggulannya?

Pentingnya Penanganan yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: