Hobi Mendaki Gunung? Ketahui Kesulitan dalam Pendakian dan Faktor yang Mempengaruhi

Hobi Mendaki Gunung? Ketahui Kesulitan dalam Pendakian dan Faktor yang Mempengaruhi

ilustrasi--

Misalnya saja Piramida Carstenz yang sulit didaki karena jalurnya yang terjal. Keterampilan panjat tebing dibutuhkan untuk memanjat. Gunung Leuser juga masuk dalam daftar gunung tersulit karena jalur pendakiannya yang panjang dan waktu yang lama untuk mencapai puncaknya.

3. Cuaca di Gunung Sering Berubah, Sehingga Mempengaruhi Tingkat Kesulitan Pendakian Gunung

Kondisi cuaca di pegunungan dapat berubah dengan cepat dan sulit diprediksi. Oleh karena itu, cuaca menjadi faktor yang menentukan sulitnya pendakian. Faktor ini dapat menentukan lama perjalanan Anda dan barang bawaan Anda untuk pendakian. Gunung-gunung tertinggi mengalami perubahan iklim yang ekstrim, namun banyak gunung-gunung kecil yang dianggap sulit untuk didaki.

BACA JUGA:Spesifikasi Vivo Y03: HP Murah Terbaru 2024 dengan Harga Rp1 Jutaan, Cocok Bagi yang Minim Budget

BACA JUGA:Masih Jaman Live Streaming Sepakbola di Situs Ilegal? Ini Beberapa Rekomendasi Platform Resmi Nonton Sepakbola

Ada Gunung Annapurna yang tingginya berbeda dengan Gunung Everest. Dibandingkan dengan Eiger North Face, Gunung Annapurna secara teknis relatif mudah. Namun jika menyangkut masalah cuaca, Gunung Annapurna memiliki tantangan yang lebih sulit karena cuaca berubah lebih cepat dan dentuman avalanche.

4. Kesulitan Pendakian Juga Dipengaruhi Faktor Lokasi Sebuah Gunung

Faktor selanjutnya yang menentukan sulitnya mendaki suatu gunung adalah lokasi gunung tersebut. 

Pegunungan di daerah terpencil lebih sulit untuk didaki, karena untuk mencapai dasarnya memerlukan perjalanan yang sulit dan panjang. Hal inilah yang menjadi dasar kondisi medan yang menentukan sulitnya pendakian. 

Contohnya adalah Pegunungan Hkakabo Razi di Myanmar.

Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara. Untuk sampai ke kaki gunung, Anda harus berjalan kaki selama sebulan melewati hutan belantara. Ada juga masalah tertular malaria, yang mengintai para pendaki.

BACA JUGA:6 Cara Menemukan Aplikasi Pemakan RAM di Android yang Bikin Kinerja Lambat, Segera Atasi!

BACA JUGA:Kementerian Pertahanan Buka Lowong CPNS 2024, Ini Rincian Formasi yang Ditetapkan Pemerintah

5. Kesiapan Dan Pengalaman Pendaki Jadi Faktor Subjektif Yang Menentukan Tingkat Kesulitan Pendakian

Faktor terakhir yang berhubungan dengan kesulitan pendakian adalah persiapan dan pengalaman pendaki. Jika seorang pendaki mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaki gunung, maka pendakiannya akan lebih mudah. Persiapan ini meliputi persiapan perlengkapan, persiapan fisik dan mental serta pengetahuan yang diperlukan. Selain persiapan pribadi Anda, pengalaman Anda akan menentukan apakah pendakian akan lebih sulit atau lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: