Mau Mendaki Gunung Salak untuk Mengisi Liburan? Ini Dia Jalur Pendakian Gunung Salak yang Wajib Kamu Tahu

Mau Mendaki Gunung Salak untuk Mengisi Liburan? Ini Dia Jalur Pendakian Gunung Salak yang Wajib Kamu Tahu

ilustrasi--

Mau Mendaki Gunung Salak untuk Mengisi Liburan? Ini Dia Jalur Pendakian Gunung Salak yang Wajib Kamu Tahu

RAKYATBENTENG.COM - Gunung Salak terletak di antara Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat. Gunung Salak adalah tempat favorit bagi pecinta alam. Ketinggiannya mencapai 2.211 meter di atas permukaan laut dan menawarkan berbagai jalur pendakian dengan tingkat kesulitan dan keindahan alam yang berbeda-beda. 

Bagi yang menginginkan tantangan dan panorama alam menakjubkan, Gunung Salak menjadi pilihan tepat untuk hiking kali ini. Gunung Salak memiliki beberapa jalur pendakian, mulai dari pendakian yang mudah hingga yang sulit bagi pendaki berpengalaman. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jalur Kutajaya (Cimelati)

Jalan Kutajaya (Cimelati) adalah jalur terpendek dan tercepat menuju Gunung Salak. Namun perlu diperhatikan bahwa sumber air di jalur ini sangat sedikit. Pastikan untuk membawa air minum dari bawah. Rute ini mengharuskan Anda berkendara ke Sukabumi dan turun di Cicurug atau Cimelati.

Menyewa mobil atau ojek untuk melanjutkan dari Pasar Cicurug ke Desa Kutajaya. Harga untuk pengendara sepeda motor Rp 15.000, untuk mobil kurang lebih Rp 70.000. 

BACA JUGA:Mau Mendaki Gunung Raung? Ini Dia 10 Fakta Tentang Gunung Raung Yang Perlu Kamu Ketahui

BACA JUGA:Bingung Mau Beli Huawei Watch Fit 3 atau Apple Watch SE? Simak Perbandingannya

Jika Anda mengikuti jalan ini Anda akan menemukan kebun dan ladang di sepanjang jalan. Jalan ini paling baik dilalui pada siang hari karena banyak jalan kecil yang bercabang. Jika Anda kesulitan mencari jalannya, ikuti saja arah air terjun tersebut.

Setiap pos memiliki arah yang ditandai dengan tali rafia untuk memandu Anda naik. Pos di sini sangat sedikit dan hanya satu atau dua tenda yang bisa didirikan. Ada 6 pos yang harus dilintasi. Berhati-hatilah saat melintasi jalan ini. 

Setelah mencapai pos 6, Anda akan mendaki ke puncak Gunung Salak selama satu jam. Puncak Gunung Salak 1 yang berketinggian 2.211 mdpl ini berada persis di sebelah Makam Mbah Gunung Salak.

2. Jalur Cangkuang, Cidahu

Jalur pendakian Cangkuan di Cidahu menjadi destinasi favorit para pendaki karena pemandangannya yang indah. Jalan Cangkuan sangat mudah untuk dilalui dengan berjalan kaki ke jalan lain. 

Terdapat pertokoan, area berkemah yang luas, air terjun yang sejuk, dan Kawah Ratu di mana Anda dapat menikmati alam bebas tanpa khawatir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: