15 IKM Ikuti Pendampingan Teknis, Pemkab Bengkulu Tengah Upayakan Ada Lahan Perkebunan Khusus Jeruk Kalamansi

15 IKM Ikuti Pendampingan Teknis, Pemkab Bengkulu Tengah Upayakan Ada Lahan Perkebunan Khusus Jeruk Kalamansi

Pj Bupati Bengkulu Tengah, Dr. Heriyandi Roni, M.Si hadir dalam pelatihan produksi jeruk kalamansi.--

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Sebanyak 15 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bengkulu Tengah mengikuti pendampingan teknis produksi dan sistem keamanan pangan produk olahan jeruk kalamansi di Hotel Balai Sindu pada 29 Mei 2024. Tujuannya, untuk pengembangan produk IKM minuman dan bahan penyegar.

Direktur IKM Pangan Furnitur dan Bahan Bangunan, Yesi Sabaryadi, pendampingan ini diikuti 15 orang pengelola jeruk kalamansi asal Bengkulu Tengah. Kemudian, membina IKM untuk lebih naik kelas bahkan produknya bisa menembus pasar global.

‘’Pelaksanaan pembinaan ini berlangsung selama 3 hari, dimana target kita bisa masuk pasar global dan kita kita siap berkonsultasi dengan IKM agar kedepan produk kalamansi masuk pasar global. Kita mengajarkannya secara pelan-pelan. Untuk masuk pasar global IKM harus ada label sertifikasi tentunya akan fasilitasi semuanya,’’ ungkapnya.

BACA JUGA:Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Kirim 3 Nama Terbaik

Sementara itu, Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si mengatakan sangat berterima kasih karena memilih Kabupaten Bengkulu Tengah untuk dijadikan pembinaan dan pendampingan IKM mulai dari pengelolah, pemasaran. Karena ini juga merupakan upaya dalam rangka terobosan pemasaran IKM di Bengkulu Tengah.

‘’Tentunya ini menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah karena kita melihat potensi kalamansi di Bengkulu Tengah cukup tinggi nantinya kita cari sumber untuk lahan yang cocok dijadikan untuk lahan jeruk kalamansi,’’ jelasnya.

BACA JUGA:Paralegal Justice Award 2024: Maroba Kite Dukung Kades Nakau Elvi Raih Top Favorit Publik, Begini Caranya

Terpisah, Kadis Disdagperinkop Bengkulu Tengah, Zamzami Syafe’i, S.IP., M.Si menjelaskan jika telah dilaksanakan pembinaan serta pemberian motivasi dan nantinya pengajuan proposal IKM.

‘’Saat ini, Bengkulu Tengah belum memiliki lahan jeruk kalamansi. Nanti kita usulkan ke Dinas Pertanian untuk pembibitan jeruk kalamansi. Sementara pengelola memang sudah memiliki lahan jeruk kalamansi tersendiri,’’ pungkas Zamzami.(imo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: