Apa Itu Tapera dan Apa Saja Manfaatnya? Simak Penjelasan Berikut

Apa Itu Tapera dan Apa Saja Manfaatnya? Simak Penjelasan Berikut

ilustrasi--

“Bank atau perusahaan pembiayaan wajib melaporkan pelaksanaan penyaluran pembiayaan perumahan kepada BP Tapera dan bank kustodian,” bunyi ayat (5).

2. Kepesertaan

Untuk memenuhi syarat pinjaman rumah Pasal 38, peserta harus menjadi peserta minimal 12 bulan, termasuk mereka yang berpenghasilan sangat rendah dapat menggunakan dana ini untuk membiayai pembelian dan renovasi rumah pertama Anda. 

Selain itu, pada ayat (2) dijelaskan bahwa peserta yang merupakan ASN aktif dan memiliki saldo awal yang dikoversi menjadi saldo awal yang melebihi tabungan yang ditentukan selama 12 bulan dianggap memiliki masa kepersertaan 12 bulan atau lebih.

”Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan Peraturan BP Tapera,” tulis Pasal 38 ayat 3.

BACA JUGA:Film Paku Tanah Jawa Segera Tayang di Bioskop, Catat Jadwalnya

BACA JUGA:Ngebet Kawin Lagi Hingga Diduga Nekat Palsukan Akta Cerai, Oknum ASN Bengkulu Tengah Dipolisikan Istri Sah

3. Kelayakan Peserta Mendapat Dukungan Pembiayaan

BP Tapera menetapkan evaluasi peserta oleh bank atau perusahaan keuangan untuk menerima dukungan pembiayaan perumahan berdasarkan Pasal 39. “Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38, BP Tapera mengatur penilaian kelayakan peserta oleh bank atau perusahaan pembiayaan, ” bunyi Pasal 39 ayat (1). 

Dana dialokasikan berdasarkan prioritas, dengan mempertimbangkan lama kepesertaan, konsistensi pembayaran simpanan, urgensi kepemilikan rumah dan ketersediaan dana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: