Waktu Liburan Terasa Singkat? Yuk Cari Tau Penyebab dan Istilah yang Biasa Digunakan

Waktu Liburan Terasa Singkat? Yuk Cari Tau Penyebab dan Istilah yang Biasa Digunakan

ilustrasi--

"Ketika Anda menetapkan ekspektasi seperti itu pada beberapa hari tertentu, hal itu akan berlalu dengan sangat cepat,” sambungnya.

Terpengaruh oleh hal-hal dan kenangan baru pada saat yang sama, Claudia Hammond, profesor psikologi di Universitas Sussex, menjelaskan bahwa waktu berlalu lebih cepat selama liburan, juga karena perasaan sedang berlibur, menurut Daily Telegraph. 

Waktu seolah berlalu lebih cepat ketika seseorang melakukan sesuatu yang baru dan menarik, seperti saat Anda sedang berlibur. Hal ini berbanding terbalik dengan seseorang yang merasa bosan atau cemas akibat aktivitas kerja yang berulang-ulang. Faktor lain yang membuat waktu liburan lebih cepat berlalu adalah kenangan baru.

BACA JUGA:Pelaku Penganiayaan di Liku Sembilan Dibekuk, 'Timah Panas' Bersarang di Kaki Pelaku

BACA JUGA:Rincian Tarif Tol Trans Sumatera setelah Didiskon 20 Persen, Berlaku Sampai Tanggal 19 April 2024

Dalam jangka waktu dua minggu, rata-rata orang mengumpulkan 6-9 kenangan baru hanya karena sebagian besar aktivitasnya rutin. Namun saat berlibur, seseorang dapat mengumpulkan sejumlah kenangan baru setiap harinya, karena sebagian besar yang dialaminya adalah hal baru. 

“Seiring bertambahnya usia, waktu berjalan lebih cepat dan hal yang sama terjadi. Kita semakin sedikit mengingat hal-hal baru dan semakin sering melakukan hal yang sama,” kata Hammond. 

“Mengambil rute berbeda ke tempat kerja, turun dari bus lebih awal, atau menghindari makan sandwich yang sama untuk makan siang setiap hari dapat membuat hidup lebih lambat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: