Waktu Terbaik Konsumsi Buah adalah Setelah Makan Nasi, Mitos atau Fakta? Cek Penjelasannya di Sini

Waktu Terbaik Konsumsi Buah adalah Setelah Makan Nasi, Mitos atau Fakta? Cek Penjelasannya di Sini

Ilustrasi--

Dihimpun dari Huffington Post, seorang ahli gizi dan diabetes asal Amerika Serikat Jill Weisenberger mengungkapkan bahwa proses fermentasi buah-buahan tersebut tidak akan terjadi dalam lambung.

Pasalnya, fermentasi membutuhkan banyak koloni bakteri. Sementara itu, lambung kita dipenuhi oleh asam klorida yang akan membunuh berbagai bakteri, bahkan sebelum bakteri tersebut membangun koloni dan menyebabkan fermentasi. 

Lagi pula, Jill menambahkan bahwa sistem pencernaan manusia sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu memproses berbagai jenis makanan sekaligus. Misalnya ketika kita makan nasi bersama dengan sayur dan lauk-pauk.

Kandungan setiap makanan memang berbeda-beda, tapi sistem pencernaan kita  tetap bisa bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.

Dari sisi lain, ternyata makan buah dianjurkan sebelum menyantap makanan berat. Hal ini juga tercatat dalam Al-Quran serta dianjurkan oleh Rasulullah SAW. 

Pola makan kerap jadi bahasan yang sering disinggung Rasulullah SAW. Termasuk salah satunya anjuran untuk makan buah sebelum menyantap makanan berat seperti roti, nasi dan daging. 

Hal ini berkaitan dengan penyerapan nutrisi dalam buah yang ternyata lebih optimal saat buah disantap ketika perut dalam keadaan kosong. Makan buah sebelum menyantap makanan berat juga membuat penyerapan makanan lebih maksimal. 

Ahli gizi merekomendasikan waktu paling ideal menyantap buah yakni 30 menit sampai 2 jam sebelum waktu makan.Dalam Al-Quran tercatat anjuran untuk menyantap buah lebih dulu. 

BACA JUGA:Berukuran Mungil, Tekstur Kenyal, Siapa Sangka Olahan Buah Pohon Aren Ini Kaya Manfaat untuk Kesehatan

BACA JUGA:Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

"Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan". (QS Al-Waqi'ah: 20-21)

Para ulama berdalil bahwa Allah SWT menyebut buah dahulu baru daging sebagai anjuran dalam islam, makan buah lebih dahulu baru makanan pokok. 

Dalam kisah Rasululullah SAW juga pernah mencontohkan untuk menyantap buah kurma lebih dulu sebelum menikmati makanan lainnya. 

Dilansir dari Muslimafiyah Imam An-nawawi menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi Al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar r.a dan Umar r.a. 

Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata "Makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: