Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H, Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H, Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Hari Ini

ilustrasi--

Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H, Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Hari Ini

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kementerian Agama akan menggelar rapat Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1445 Hijriah hari ini, 10 Maret 2024. 

Sidang Isbat rencananya akan dilaksanakan di Aula Paduka Rasgidi Kementerian Agama GMH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Berdasarkan laman resmi Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI (Dirjen Bimas Islam), acara ini akan digelar secara hybrid daring dan luring. 

Pertemuan Liga ini merupakan upacara keagamaan yang memungkinkan masyarakat menentukan kondisi di mana ibadah akan berlangsung. 

Selain itu, dua tim akuntansi Kementerian Agama juga akan mengikuti konferensi Liga yang mempertemukan duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. 

BACA JUGA:Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal

BACA JUGA:Dijaga Ketat Ratusan Personel Polisi, Begini Suasana Penghitungan Ulang Surat Suara DPRD Bengkulu Tengah

Pertemuan tersebut juga akan dihadiri oleh perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta tamu lainnya. Sidang Isbat sampai awal Ramadhan 2024. 

Pelaksanaan sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadhan tahun 1445 H atau 2024 M yang akan dilakukan oleh Kementerian Agama, akan dibagi dalam tiga tahap dengan penjelasannya sebagai berikut.

Tahap Pertama, adalah menunjukkan posisi bulan sabit pada awal Ramadhan 1445 dari inventarisasi (perhitungan astronomi). 

Ceramah tersebut disampaikan oleh tim Hisab Rukyat Kementerian Agama pada pukul 17.00 WIB. Pertemuan terbuka untuk umum dan disiarkan langsung di channel YouTube Bimas Islam. 

Tahap Kedua, Pada tahap ini akan dilaksanakan rapat tertutup untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1445 Muharam secara tertutup setelah salat Maghrib. 

BACA JUGA:Badan Riset dan Inovasi Nasional Prediksi Awal Puasa Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: