Pengertian dan Jenis-Jenis Pariwisata, Simak Penjelasan Berikut

Pengertian dan Jenis-Jenis Pariwisata, Simak Penjelasan Berikut

ilustrasi--

Pengertian dan Jenis-Jenis Pariwisata, Simak Penjelasan Berikut

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Ditengah geliat kehidupan masyarakat modern saat ini,  pariwisata tidak hanya menjadi sebuah tren tapi juga sudah menjadi gaya hidup yang kebutuhan setiap orang. 

Indonesia dengan berbagai kekayaan alam dan budaya telah menjadi salah satu tujuan wisata. 

Tapi apa sih sebenarnya pariwisata itu? Yuk simak penjelasan berikut.

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, menjelaskan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Jika kita artikan, secara epistemologi yang diambil dari bahasa sansekerta pariwisata berarti kepergian berkali-kali atau perjalanan yang dilakukan berulang-ulang. 

BACA JUGA:Bengkulu Dilanda Hujan Lebat, BMKG: Waspada Banjir dan Longsor, Pantau Perkembangan Cuaca Ekstrem di Sini

BACA JUGA:Promo Mingguan JCO Januari 2024: 1/2 Lusin Donat + 1 Boks JPops Hanya Rp101.000, Cukup Order Sambil Rebahan

Tujuan pariwisata sendiri berfungsi untuk memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan intelektual setiap wisatawan dengan rekreasi dan perjalanan.

Pariwisata sendiri secara jenis, dapat dikelompokkan dalam sesuai dengan tujuan dari wisata sendiri.

1. Wisata pantai (Marine tourism). Merupakan kegiatan wisata yang berlokasi di pantai atau laut serta ditunjang oleh sarana dan prasarana untuk beberapa aktivitas seperti berenang, memancing, menyelam, dan olahraga air lainnya, termasuk sarana dan prasarana akomodasi, makan dan minum. 

2. Wisata budaya (Culture tourism). Merupakan kegiatan wisata untuk mengamati perwujudan kebudayaan dan gaya hidup masyarakat disuatu daerah yang dianggap menarik, seperti tarian khas, pakaian khas suatu daerah dan musik khas daerah.

3. Wisata Ekologi (Ecotourism). Merupakan wisata yang banyak dikaitkan dengan kegemaran akan keindahan alam, Kesegaran hawa di pegunungan, keajaiban hidup binatang yang langka, serta tumbuhan langka yang jarang terdapat di tempat-tempat lain.

BACA JUGA:Update Situasi Lalu Lintas di Liku Sembilan: Kemacetan Telah Terurai, Sistem Buka Tutup Masih Diterapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: