Penyebab Jalan Lintas Bengkulu-Kepahiang Liku Sembilan Amblas Terungkap, Begini Penjelasan BWS Sumatera VII

Penyebab Jalan Lintas Bengkulu-Kepahiang Liku Sembilan Amblas Terungkap, Begini Penjelasan BWS Sumatera VII

Lokasi longsor terlihat telah ditutupi terpal raksasa. Langkah ini dilakukan untuk mencegah longsoran lebih lanjut--

Penyebab Jalan Lintas Bengkulu-Kepahiang Liku Sembilan Amblas Terungkap, Begini Penjelasan BWS Sumatera VII

RAKYAT BENTENG.COM - Amblasnya jalan lintas Bengkulu-Kepahiang tepatnya di Km 44,5 Liku Sembilan Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah langsung mendapat atensi dari pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu. 

Dari pantauan wartawan pada Sabtu 13 Januari 2024 siang, tim Satgas Tanggap Darurat dipimpin langsung Kepala BWS Sumatera VII, Medya Ramdhan, S.T., meninjau ke lokasi. 

Dari hasil pengecekan tim, diperoleh penyebab longsor yang mengakibatkan badan jalan sepanjang kurang lebih 60 Meter amblas akibat dorongan tanah atau sliding, terjadi ketika stabilitas lereng terganggu dari rembesan air kemudian tekanan pori air meningkat sehingga stabilitas lereng menjadi terganggu. 

BACA JUGA:Jangan Nekat! Kendaraan Ini Dilarang Melintasi Jalan Lintas Bengkulu-Kepahiang Liku Sembilan Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Hati-Hati, Jalan Lintas Bengkulu-Kepahiang Km 44,5 Liku Sembilan Bengkulu Tengah Amblas, Kepolisian Terapkan

"Kalau kami dari Balai Wilayah Sungai Sumatera VII yang menanggulangi terkait sumber daya air biasanya yang seperti ini untuk langkah awal kita mengamankan supaya longsor tidak tersusupi oleh air lagi yang bisa membuat longsoran lebih lanjut, ini sudah betul ditutup oleh terpal," jelas Medya kepada wartawan.

Pantauan lain di lokasi, volume kendaraan yang melintas memasuki sore hari semakin meningkat dari kedua arah. Puluhan personel kepolisian dibantu dari TNI dan Dishub turun ke jalan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah. Meski turun hujan tak menyurutkan semangat para petugas.

Di sisi lain untuk kendaraan besar belum diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Mengingat kondisi jalan tidak memungkinkan. Alhasil kendaraan-kendaraan yang terdiri dari truk dan bus terpaksa parkir di tepi jalan.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: