Waspada! Para Remaja dan Dewasa Harus Tahu Risiko Jika Bermain Game Secara Berlebihan

Waspada! Para Remaja dan Dewasa Harus Tahu Risiko Jika Bermain Game Secara Berlebihan

ilustrasi--

Waspada! Para Remaja dan Dewasa Harus Tahu Risiko Jika Bermain Game Secara Berlebihan

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Dalam era digital ini, hiburan semakin mudah diakses melalui teknologi, terutama melalui permainan video. Game telah menjadi bagian integral dari budaya modern, memikat pemain dari berbagai kelompok usia, termasuk para remaja dan dewasa.

Memang saat bermain game, seseorang akan merasakan kenikmatan atau hiburan tersendiri hingga terkadang mengabaikan penyebab yang mungkin bisa terjadi hingga berakibat serius.

Untuk itu, coba ketahui dulu berbagai penyebab yang akan terjadi jika masih saja bermain game secara berlebihan.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Rambut Jagung Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Dibuang

BACA JUGA:Catat! Ini 4 Jenis Vitamin yang Bermanfaat Saat Musim Hujan

1. Kesehatan Fisik dan Mental

Bermain game secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan layar dapat menyebabkan masalah postur tubuh, seperti nyeri leher, punggung, dan mata kering. Selain itu, kecanduan game juga dapat menyebabkan kurangnya aktivitas fisik, yang berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Dari segi kesehatan mental, kecanduan game dapat menyebabkan isolasi sosial, kecemasan, dan depresi. Beberapa pemain mungkin menemukan pelarian dari dunia nyata melalui permainan, tetapi ini dapat menjadi tanda bahwa mereka menghindari masalah atau tanggung jawab di kehidupan nyata.

BACA JUGA:Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,0 Guncang Bengkulu di Malam Minggu

BACA JUGA:Gunung Marapi di Sumbar Meletus, PVMBG Tetapkan Status Waspada, Masyarakat Diminta

2. Gangguan Tidur

Bermain game hingga larut malam dapat mengganggu pola tidur, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan penurunan kinerja di berbagai aspek kehidupan.

3. Pengaruh pada Hubungan Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: