Kuota Keberangkatan Haji Kabupaten Bengkulu Tengah Turun, Simak Penjelasan Kemenag

Kuota Keberangkatan Haji Kabupaten Bengkulu Tengah Turun, Simak Penjelasan Kemenag

--

Kuota Keberangkatan Haji Kabupaten Bengkulu Tengah Turun, Simak Penjelasan Kemenag

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kouta keberangkatan haji tahun 2024 untuk Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami penurunan.

Tercatat pada tahun 2023, kuota keberangkatan haji sebanyak 91 kouta, sementara pada tahun 2024 mendatang hanya mendapatkan 89 kouta keberangkatan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah, H. Kharnolis, S.Sos mengatakan, jika pada tahun 2023 telah diberangkatkan sebanyak 91 orang jemaah yang sudah termasuk 9 orang lansia. 

Sementara tahun 2024, berdasarkan penetapan kuota dari Kemenag RI, Kabupaten Bengkulu Tengah mendapatkan kuota sebanyak 89 orang yang didalamnya sudah termasuk 2 orang lansia.

BACA JUGA:PTT Wajib Baca! Pemerintah Kota Bengkulu Pastikan di Tahun 2024

BACA JUGA:1.957 Lembar Kotak Suara Pemilu 2024 Tiba di Gudang Logistik KPU Bengkulu Tengah

‘’Penetapan dari kementerian, Benteng mendapatkan jatah tahun 2024 hanya 89 orang. Karena ada pengurangan dari kategori usia lansia. Dimana di Provinsi Bengkulu, hanya mendapatkan jatah 86 orang lansia. Kemudian dilihat dari usia tertua di Provinsi Bengkulu, di Benteng hanya terdapat 2 orang lansia yang masuk kategori paling tua,’’ ujar Kharnolis.

Kharnolis mengatakan jika pada tahun 2024 mendapat berpeluang akan terjadi kenaikan pada Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Adapun pada tahun 2023 ini, BPIH sebesar Rp46,5 juta.

‘’Tahun ini biaya haji sebenarnya sudah mengalami peningkatan dari tahun 2022. Sehingga diperkirakan pada tahun 2024 nanti akan kembali meningkat. Tapi tidak terlalu signifikan,’’ ujar Kharnolis.

Terakhir, Kharnolis mengakui telah menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait dengan kuota keberangkatan haji yang dinilai minim. Namun dirinya tak bisa berbuat banyak lantaran hal tersebut berkaitan dengan kapasitas dari Negara Arab Saudi dalam menerima jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah.

BACA JUGA:Buka 275 Kuota, Besok 31 Oktober 2023 Pendaftaran Ditutup, Lowong Tim Teknis dan Fasilitator Kemendesa PDTT

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Bumi Terkini Guncang Bengkulu, Cek Magnitudo dan Lokasinya di Sini

‘’Untuk permasalahan pastinya kouta haji, banyak keluhan dari masyarakat yang banyak peminat tetapi kouta yang kurang. Banyak yang mengatakan kenapa tidak diberangkatkan sebanyak mungkin. Tentu itu tidak bisa. Karena ada kapasitas dari Negara Arab Saudi sendiri yang memang telah menetapkannya,’’ demikian Kharnolis.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: