Karhutla Semakin Marak, Peran BPBD Bengkulu Tengah Dipertanyakan

Karhutla Semakin Marak, Peran BPBD Bengkulu Tengah Dipertanyakan

--

RAKYATBENTENG.COM – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sedang marak. 

 

Terbukti, dari pendataan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Benteng, terdapat 14 titik lahan yang sudah terdampak kebakaran. 

 

Tentu dalam penanganan ini bukan hanya tugas dari Damkar Benteng, namun juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benteng.

 

BACA JUGA:Lokasi Kebakaran Lahan Bertambah, Kali Ini di Belakang Sekolah

 

BACA JUGA:Karhutla Melanda, 10 Desa di Bengkulu Tengah Terdampak, Berikut Rinciannya

 

Tokoh pemuda Bengkulu Tengah, Ary Rahmat mengatakan jika peran BPBD dalam penanganan karhutla cukup dipertanyakan. 

 

Pasalnya, tugas dalam menangani bencana alam ataupun non bencana alam adalah tugas bersama, termasuk BPBD Benteng.

 

‘’Kami sayangkan kalau sampai personel BPBD tidak ikut membantu. Permasalahan karhutla ini bukan hanya tugas dari Dinas Damkar, tapi juga membutuhkan bantuan dari BPBD Benteng. BPBD harus sigap dan cepat membantu,’’ ujar Ary.

 

BACA JUGA:Reward Anggota Paskibraka Bengkulu Tengah Akan Dibagikan Pada Bulan Ini, Nominal Rentang Rp1 Juta - Rp3,5 Juta

 

BACA JUGA:Kementerian PUPR Buka Ribuan Formasi Bagi Lulusan SMA-SMK, D-III, D-IV, S-1, S-2, Usia Tertinggi 57 Tahun

 

Terpisah, Ketua Pelaksana BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri, S.Pd., M.M menjelaskan bahwa pihaknya selalu ikut membantu dalam penanganan karhutla baik dalam turun ke lapangan maupun memberikan sosialisasi imbauan.

 

‘’Petugas kita selalu ikut membantu dalam karhutla bersama Dinas Damkar dalam memadamkan api. Kami juga selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan langsung kepada pihak BPBD maupun Damkar jika melihat titik api,’’ pungkas Samsul.(cw1)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: