Mengenal Tanaman Tempuyung Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Tanaman Tempuyung Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

Tanaman Tempuyung--

Mengenal Tanaman Tempuyung Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan 

RAKYAT BENTENG.COM - Tanaman Tempuyung memang tidak setenar tanaman obat lainnya. Tapi penting untuk diketahui bahwa tempuyung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Selama ini sudah banyak bukti empiris dan ilmiah yang mendukung manfaat tempuyung untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain itu, fakta menyatakan bahwa tanaman ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. 

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sonchus arvensis ini kurang dikenal masyarakat karena jarang dibudidayakan dan diperdagangkan secara luas. Bahkan, banyak yang mengira tanaman ini tergolong gulma yang harus diberantas karena dianggap mengganggu tanaman budidaya.

Tanaman lain menyerupai tempuyung adalah jombang atau dandelion (Taraxacum officinalle). Tempuyung dan jombang sama-sama memiliki bunga berwarna kuning cerah, serta mempunyai bentuk daun yang hampir mirip, dengan tepi daun bergerigi dan bertoreh. 

Yang membedakan tempuyung dengan jombang adalah permukaan daun dan tata letak daun pada batang. Jombang memiliki permukaan daun halus dan mengkilat, sementara tempuyung cenderung agak kasar dan tidak mengkilat, seperti ada lapisan lilin pada daunnya.

Jombang tidak berdaun pada tangkai bunga dan hanya tumbuh di bonggolnya, sementara tempuyung bisa berdaun pada tangkai bunga. Selain itu, daun tempuyung juga memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan daun jombang. Tempuyung, tapak liman dan jombang termasuk dalam satu keluarga Asteraceae.

Manfaat tempuyung untuk kesehatan

Sebuah reviu ilmiah tentang penggunaan tempuyung melaporkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa flavonoid dan turunannya, seperti kaempferol dan quersetin. Selain itu, tempuyung juga mengandung mineral seperti kalium, natrium, silika dan magnesium.

BACA JUGA:Jangan Remehkan Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Salah Satunya Membersihkan Racun

BACA JUGA:Gaji Tembus Rp10 Juta, BPS Buka Lowong PPPK 347 Formasi, Berikut Kualifikasi Pendidikan dan Penempatan Tugas

Tanaman ini juga dilaporkan memiliki aktivitas antibakteri dan antivirus, diuretik, batu ginjal, antihistamin, antihipertensi, dan antihiperurisemia.

Berikut ini beberapa manfaat tempuyung bagi kesehatan seperti dikutip dari situs yankes.kemkes.go.id :

1.    Peluruh air kencing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: