Selain Mencegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Selain Mencegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Ilustrasi--

Selain Mencegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan 

RAKYAT BENTENG.COM - Buah satu ini sesungguhnya bukan buah. Bit adalah tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka sebagai buah-buahan.

Di balik rasanya yang terbilang unik, ada beragam manfaat buah bit bagi kesehatan. Tanaman berwarna merah keungunan ini mengandung berbagai nutrisi yang diketahui baik untuk menjaga tekanan darah hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Bit sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi.

Berikut ini sederetan manfaat buah bit dirangkum dari berbagai sumber :

1. Menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung

Kandungan nitrat di dalam buah bit akan berubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat tersebut efektif membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

2. Mencegah kanker

Bit juga dipercaya dapat mencegah kanker. Klaim ini didasarkan pada hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek tersebut berasal dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit.

3. Menjaga kadar gula darah

Buah bit mengandung antioksidan berupa asam alpha-lipoic. Nutrisi tersebut efektif mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan, bahwa buah bit dapat memperbaiki kadar gula darah pada pengidap obesitas, tetapi cukup mendukung mereka untuk memiliki berat badan ideal.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Peradangan menjadi respons yang terbentuk ketika ada benda atau zat asing masuk tubuh. Buah bit bekerja dengan meningkatkan kekebalan tubuh guna mengusir zat tersebut yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: