Kucing Memiliki Siklus Tidur yang Harus Dipahami Cat Lovers

Kucing Memiliki Siklus Tidur yang Harus Dipahami Cat Lovers

Ilustrasi--

Kucing Memiliki Siklus Tidur yang Harus Dipahami Cat Lovers

RAKYAT BENTENG.COM - Seperti halnya manusia, dan makhluk hidup lainnya kucing juga memiliki siklus tidur yang unik dan penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. 

Memahami tingkah laku kucing termasuk dalam hal tidur bukanlah hal yang terbilang mudah. Namun untuk menjaga keharmonisan dengan mereka tak ada salahnya untuk dicoba bukan? Termasuk tingkah dan siklus tidur mereka.

Nah, pada artikel kali ini, akan dibahas apa saja siklus tidur seekor kucing dan mengapa pemahaman tentang pola tidur mereka penting bagi pemilik kucing.

Pola Tidur Kucing

Seekor kucing memiliki dua jenis tidur utama: tidur cepat dan tidur lambat. Ini adalah bagian dari siklus tidur yang disebut Rapid Eye Movement (REM) dan Non-Rapid Eye Movement (NREM), mirip dengan manusia.

1. Fase Tidur Cepat (REM)

Fase tidur cepat adalah saat kucing tidur dengan mata mereka bergerak cepat dan terkadang tampak seperti sedang bermimpi. Selama fase ini, otak kucing sangat aktif dan aktivitas fisiknya sering kali terbatas. Fase REM pada kucing biasanya berlangsung sekitar 15% hingga 20% dari waktu tidur mereka.

BACA JUGA:Jangan Keliru Lagi, Ini Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Flatnose

BACA JUGA:Jangan Keliru! Ini Dia Perbedaan Kucing Jawa dengan Kucing Kampung

2. Fase Tidur Lambat (NREM)

Fase tidur lambat adalah waktu ketika kucing benar-benar dalam tidurnya yang dalam. Selama fase ini, denyut jantung dan pernapasan mereka melambat, dan otot-otot mereka benar-benar rileks. Ini adalah fase pemulihan fisik yang penting, di mana tubuh kucing memperbaiki diri dan mengisi energi. Fase ini mendominasi sekitar 80% hingga 85% dari total waktu tidur kucing.

Durasi Tidur Kucing

Kucing adalah hewan yang tidur sekitar 12 hingga 16 jam sehari. Namun, ini bisa berbeda-beda tergantung pada usia, aktivitas, dan faktor-faktor lingkungan. Kucing yang lebih muda cenderung tidur lebih lama, sementara kucing yang lebih tua mungkin tidur lebih sedikit tetapi tidur lebih dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: