Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing Peliharaan

Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing Peliharaan

Ilustrasi--

Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing Peliharaan

RAKYAT BENTENG.COM - Ada banyak hal yang perlu diperhatikan Cat Lovers dalam memelihara hewan berbulu lagi menggemaskan tersebut. Salah satunya adalah dalam memenuhi asupan gizi untuk kucing. Penting untuk tidak secara sembarangan memilih makanan untuk peliharaanmu. Alih-alih menyehatkan, sembarangan dalam memilih makanan kucing justru malah dapat berdampak negatif bagi kesehatan hewan tersebut. 

Namun terkadang menemukan makanan terbaik untuk kucing menjadi hal yang sulit. Sebab, ada banyak jenis makanan kucing disertai perdebatan terkait cara tepat untuk mengganti makanan lama dengan yang baru. Namun tak perlu khawatir karena ada beberapa tips sebagai cara memilih makanan kucing yang tepat. 

Agar tepat, pastikan untuk mengikuti beberapa langkah berikut dikutip dari halodoc.com :

1. Pilih yang Sesuai Standar

Pilihlah makanan hewan kesayangan yang diproduksi oleh produsen yang mengikuti standar keamanan pangan dan telah lama dikenal di masyarakat. Pastikan makanan yang hendak dibeli juga dalam kemasan baik dan tidak kadaluarsa.

2. Sesuaikan Makanan dengan Usia

Pastikan memilih makanan yang sesuai dengan usia atau masa pertumbuhannya. Adapun rentang usia kucing dimulai dari kitten sampai dengan umur 12 bulan, young umur 1 hingga 6 tahun, mature umur 7 hingga 10 tahun, dan senior umur lebih dari 10 tahun. Kemudian, makanan kucing juga dibedakan selama masa kebuntingan dan menyusui.

3. Sesuaikan dengan Budget

Saat ini berbagai jenis makanan hewan kesayangan memiliki varian produk bervariasi dan kualitas yang sebanding dengan makanan mahal. Karena itu, sesuaikanlah pembelian dengan budget yang dimiliki.

BACA JUGA:Dipercaya Pembawa Keberuntungan, Inilah Sederet Fakta Menarik Kucing Putih

BACA JUGA:Kucing Persia Flatnose: Ciri-Ciri, Karakteristik Hingga Perawatannya

4. Perhatikan Jenis Makanannya

Khususnya terkait apakah makanan berjenis complete and balance nutrient atau complimentary. Makanan complete and balance nutrient adalah makanan utama yang nutrisinya telah disesuaikan dengan kebutuhan harian kucing dan sesuai dengan masa pertumbuhannya. Makanan ini sebaiknya diberikan sesuai dengan panduan pemberian makan. Sementara itu, makanan complimentary adalah makanan pendamping berupa snack atau camilan. 

5. Perhatikan Komposisi Bahan Penyusunnya

Pastikan bahwa makanan mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh kucing dan tidak mengandung alergen (pemicu alergi). Semua makanan kucing harus memiliki sumber protein dan lemak hewani. Sebagai karnivora, kucing juga membutuhkan nutrisi seperti taurin dan asam arakidonat untuk dipasok dalam makanannya.

Pastikan juga kandungan serat dalam makanan kucing tepat. Pasalnya, kucing membutuhkan jumlah serat yang tepat. Nutrisi ini bermanfaat untuk mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan mencegah kelebihan gas atau masalah pencernaan lainnya.

6. Hindari Hanya Memiliki Satu Jenis

Makanan kucing memiliki dua bentuk yaitu makanan kering dan makanan basah. Penting untuk membeli keduanya untuk menghindari rasa bosan pada kucing. Selain itu, keduanya juga memiliki keunggulan tersendiri yang baik untuk kucing dan dapat diberikan secara bersamaan atau berselingan. 

Sementara itu, bagi kucing yang memiliki indikasi dan kebutuhan khusus, sebaiknya diskusikanlah dengan dokter hewan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan kucing mendapat makanan yang tepat sesuai dengan status kesehatannya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: