7 Tips Sederhana Ini Ampuh Mengajarkan Kucing agar Tidak BAB Sembarangan

7 Tips Sederhana Ini Ampuh Mengajarkan Kucing agar Tidak BAB Sembarangan

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing adalah hewan peliharaan yang menyenangkan dan menggemaskan. Namun, salah satu tantangan dalam merawat Kucing adalah mengajari mereka untuk buang air besar (pup) pada tempat yang tepat. Agar Kucing tidak buang air besar sembarangan di rumah,

berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu dalam mengajarkan kucing agar tidak buang air besar sembarangan.

1. Siapkan Tempat Khusus

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan tempat khusus di mana kucing dapat buang air besar. Misalnya, dengan menggunakan kotak pasir kucing yang tersedia di pasaran. Pastikan kotak pasir ini memiliki ukuran yang cukup besar agar kucing merasa nyaman. Letakkan kotak pasir ini di lokasi yang mudah diakses oleh kucing, tetapi juga relatif tenang dan pribadi.

2. Konsistensi Lokasi

Pilih satu lokasi yang tetap untuk menempatkan kotak pasir. Konsistensi lokasi akan membantu kucing dalam mengenali tempat yang tepat untuk buang air besar. Hindari memindahkan kotak pasir dengan terlalu sering, karena hal ini bisa membuat kucing bingung.

3. Pertahankan Kebersihan

Kucing cenderung lebih suka buang air di tempat yang bersih. Pastikan untuk tersu rutin membersihkan kotak pasir setidaknya satu kali sehari. Buang kotoran yang sudah ada dan ganti pasir yang kotor dengan yang baru. Kucing akan lebih cenderung menggunakan kotak pasir jika tempatnya selalu bersih dan nyaman.

BACA JUGA:Nasi Kucing, Nasi Bungkus Porsi Sedikit yang Murah Meriah dari Rakyat untuk Rakyat, Begini Asal Usulnya

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Berjemur

4. Gunakan Pasir yang Disukai

Beberapa kucing memiliki preferensi terhadap jenis pasir tertentu. Cobalah beberapa jenis pasir kucing yang berbeda untuk mengetahui mana yang paling disukai oleh kucing. Jika kucing merasa nyaman dengan pasir yang digunakan, mereka akan lebih cenderung menggunakan kotak pasir tersebut.

5. Pantau Kesehatan Kucing

Kadang-kadang, perilaku buang air sembarangan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada kucing. Jika kucing tiba-tiba mulai buang air di tempat yang tidak biasa, segera periksa kesehatannya. Infeksi saluran kemih atau masalah pencernaan tertentu dapat mempengaruhi perilaku buang air kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: