Kesulitan Mengajari Kucing Mengenali Namanya? Coba Tips Berikut Ini

Kesulitan Mengajari Kucing Mengenali Namanya? Coba Tips Berikut Ini

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Meski dipilih oleh kebanyakan orang sebagai salah satu hewan peliharaan favorit tapi kucing merupakan hewan yang cuek. Sifatnya tersebut membuat kebanyakan pemilik sulit untuk melatih kucing mengenal namanya. 

Padahal kita selaku pemilik kucing tentu sudah menyematkan nama pada peliharaan dengan harapan bisa mengenal namanya sendiri dan menuruti kita ketika dipanggil namanya.

Terkadang meski si kucing telah mengetahui nama pemberian majikannya namun sikap cueknya masih tetap saja, terkecuali saat ia sedang lapar.

Berikut tips agar kucing mengenali namanya dan jinak terhadap pemiliknya dirangkum dari berbagai sumber

1. Buatlah Nama yang Unik

Cara melatih kucing agar mengenali namanya yang pertama adalah membuat nama yang unik dan mudah dikenali. Disarankan gunakan nama dengan karakter yang sama dengan kucing. Semisal jika kucing anda berwarna oranye bisa diberikan nama oren, atau berwarna belang diberikan nama belang. Bisa juga seandainya kucing anda tubuhnya gemuk dan tak pernah puas makan dikasih nama gembul

Tidak usah terlalu panjang, tetapi pilih nama yang mudah diucapkan dan diulangi agar kucing lebih mudah mengenalinya.

2. Ajarkan Memanggil Namanya Sejak Kitten

Melatih sejak kecil menjadi salah satu cara agar kucing mengenali namanya dan menuruti perintah kita. Sama halnya dengan manusia, saat kecil kucing pun lebih meresap dengan hal-hal kecil yang diajarkan, salah satunya mengenali namanya dan bagaimana cara memakai litter box sebagai tempat buang air.

3. Jangan Dimarahi Jika Berbuat Salah

BACA JUGA:Penyebab Fadding Kitten Syndrome pada Anak Kucing dan Cara Pencegahannya

BACA JUGA:Kenali Tanda-Tanda Kucing Peliharaanmu Sedang Birahi Minta Kawin

Meskipun memiliki wajah dan bentuk yang lucu dan menggemaskan, tetapi sesungguhnya tingkah laku kucing tidak selucu rupanya. Jika tidak diajari dengan baik, mereka bakal buang air sembarangan, mengambil makanan di atas meja makan, merusak perabotan rumah dengan cara mencakar.

Nah jika peliharaan kamu melakukan seperti yang disebutkan tadi jangan spontan dimarahi apalagi sampai dipukul. Coba panggil namanya dengan sedikit nama membentak. Jika terbiasa dilakukan, ia akan mengetahui namanya, dan tahu jika tindakan yang dilakukan salah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: