Seleksi Dibuka September, Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Lulus CPNS 2023

Seleksi Dibuka September, Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Lulus CPNS 2023

--

RAKYATBENTENG.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal resmi terkait dengan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023. Sesuai jadwal, pengumuman dan pendaftaran seleksi akan berlangsung pada September 2023 mendatang. Menjelang dibukanya seleksi, tentu calon pendaftar harus mempersiapkan diri dengan matang agar bisa dengan mudah mengikuti ujian hingga dinyatakan lulus. Berikut beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan sehingga membantu kamu dalam menghadapi seleksi nantinya.

 

1.      Memahami Materi dan Format Tes

 

Pelajari tipe-tipe soal yang akan muncul dalam tes CPNS 2023, seperti tes potensi akademik, wawasan kebangsaan, psikotes, dan lain-lain. Pahami dengan baik format soal dan aturan-aturan yang berlaku.

 

2.      Persiapan Materi

 

Pelajari secara mendalam materi yang akan diujikan pada CPNS 2023, termasuk undang-undang, peraturan, dan pengetahuan umum terkait instansi yang Anda lamar. Anda bisa mempelajari soal-soal tahun-tahun sebelumnya sebagai panduan.

 

3.      Jadwal dan Rencana Belajar

 

Buat jadwal belajar yang teratur dan disiplin. Tentukan target belajar harian atau mingguan, dan ikuti dengan konsisten. Pastikan Anda mengalokasikan waktu untuk setiap jenis materi yang akan diuji.

 

4.      Latihan Soal: Lakukan latihan soal secara rutin untuk mengasah kemampuan mengerjakan soal dan meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab. Ini juga membantu Anda familiar dengan pola-pola soal yang mungkin muncul.

 

5.      Berlatih Psikotes

 

Jika ada tes psikotes, pastikan Anda berlatih dengan contoh-contoh soal psikotes pada CPNS 2023. Ini akan membantu Anda mengatasi tes ini dengan lebih percaya diri.

 

6.      Mengembangkan Kemampuan Wawasan Kebangsaan

 

Tes wawasan kebangsaan seringkali menguji pengetahuan tentang sejarah, budaya, politik, dan hal-hal terkait Indonesia. Baca berita, buku, atau materi-materi terkait untuk meningkatkan pemahaman Anda.

 

7.      Simulasi Ujian

 

Cobalah untuk mengikuti simulasi ujian sesungguhnya dengan menerapkan waktu yang diberikan dalam ujian sesungguhnya sesuai CPNS 2023. Ini membantu Anda mengukur seberapa baik Anda mampu mengerjakan soal dalam batas waktu yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: