Masih Percaya Tak Sengaja Menabrak Kucing Hingga Mati Bakal Kena Musibah? Simak Dulu Penjelasan Berikut

Masih Percaya Tak Sengaja Menabrak Kucing Hingga Mati Bakal Kena Musibah? Simak Dulu Penjelasan Berikut

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Tidak diketahui pasti sejak kapan awalnya dan siapa yang mengawali, kepercayaan di tengah masyarakat bahwa insiden menabrak seekor kucing di jalan bakal terkena sial atau bahkan musibah menakutkan masih dipegang hingga kini. Alhasil bagi pengendara yang mengalami insiden itu sontak dihantui perasaan was-was, takut hingga akhirnya tak fokus lagi.  

Ada pula yang mengait-ngaitkan mitos tersebut lantaran kucing merupakan hewan peliharaan kesayangan Rasulullah SAW. Sehingga bagi siapapun yang mencelakainya bakal berdosa dan ditimpa kesialan, meskipun secara tidak sengaja.

Prof. KH.Yahya Zainul Ma'arif, Lc., M.A., Ph.D. yang lebih akrab disapa Buya Yahya dalam tayangan YouTube Al-Bahjaj TV menjelaskan bahwa dosa hukumnya jika mendzolimi kucing

"Kucing adalah binatang seperti binatang lainnya, namun jika kita dzolim maka hukumnya haram. Seorang perempuan masuk neraka gara-gara kucing. Kucingnya bagaimana, disekap, tidak dikasih makan, tidak dilepaskan agar cari makan sendiri. Dzholim, itulah sebab masuk neraka," jelasnya.

"Tapi kalau nabrak kucing tidak sengaja, maka tidak apa-apa, tidak dosa. Kadang-kadang karena menghindari nabrak kucing malah nabrak orang, ini kan aneh," ungkapnya.

Menurutnya, kesialan atau musibah bukan datang karena menabrak kucing. Namun, bisa saja karena kurangnya ibadah dan sedekah.

"Itu hanya kepercayaan masyarakat saja. Nanti sampai dikafani pakai baju termahal. Bajunya dihadiahkan ke orang fakir kalau mau selamat bukan untuk kafani kucing," katanya.

Sementara adab setelah menabrak kucing yakni dengan menguburkannya

"Kucing dikubur agar baunya tidak kemana-mana. Jangan sudah nabrak kucing ditinggalkan di pinggir jalan, ganggu orang. Dosanya karena ganggu orang," ucapnya.

BACA JUGA:Ingin Kucing Anda Betah di Rumah? Perhatikan 6 Hal Berikut

BACA JUGA:Para Istri Wajib Simak Nih, Sifat-Sifat yang Bikin Rezeki Suami Mengalir Deras

Senada, Habib Usman bin Yahya dalam program televisi Islam Itu Indah dengan tegas menyampaikan tidak ada kesialan di dunia ini. Termasuk ketika tak sengaja menabrak kucing.

"Tidak ada kesialan, ingat tidak ada kesialan dalam semua kehidupan di muka bumi ini karena semua ada dalam ketentuan Allah SWT. Qudrat iradat milik Allah. Dengan kehendak Nya dan keinginan Nya, milik Allah SWT," kata Habib Usman.

Kemudian Habib Usman juga membahas soal mitos pengendara yang tak sengaja menabrak kucing akan mengalami kecelakaan. Menurutnya, yang menyebabkan kecelakaan justru sikap berpikir negatif pascamenabrak kucing. Sehingga kurang konsentrasi saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: