Masya Allah! Hewan-Hewan Ini Dijamin Masuk Surga, Salah Satunya Semut

Masya Allah! Hewan-Hewan Ini Dijamin Masuk Surga, Salah Satunya Semut

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Surga merupakan tempat terbaik setelah kehidupan dunia ini berakhir. Allah SWT menjanjikan Surga bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Namun ternyata bukan hanya manusia saja yang telah dijanjikan Surga oleh Allah, sejumlah hewan disebut akan berada di dalam Surga

Hewan apa sajakah dimaksud, dan amalan apakah yang telah diperbuat sehingga dijanjikan tempat terindah oleh Allah SWT?

Dalam Hasyiyah Qishah al-Mi’raj, Syekh Ahmad ad-Dardiri menyebutkan bahwa ada hewan yang kelak akan masuk surga. Meski dalam kitab itu tidak disebutkan satu per satu secara lengkap, tetapi berikut ini disampaikan ulasan-ulasan singkatnya sesuai dengan yang dijelaskan kitab-kitab sirah dan tarikh dilansir dari islam.nu.or.id

1. Buraq Tunggangan Nabi Muhammad SAW

Buraq merupakan hewan surga yang dipilih malaikat Jibril untuk menjadi tunggangan Nabi Muhammad SAW menempuh perjalanan isra’-mi’raj. Buraq itu terpilih karena kerinduannya berjumpa dengan Rasulullah. 

Nama Buraq sendiri berasal dari kata barqu yang berarti ‘kilat.’ Pasalnya, ia melaju dengan sangat cepat secepat kilat, sehingga mempersingkat waktu tempuh Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga ke Sidratul Muntaha dengan hanya waktu satu malam saja.            

Menurut sejumlah riwayat, Buraq merupakan hewan seperti kuda, berbulu putih, memiliki sayap di kedua pahanya, ukuran tubuhnya lebih besar dari keledai, namun lebih kecil dari kuda.

Kelebihannya, selain berjalan cepat, kaki depannya bisa terangkat saat jalan menurun dan kaki belakang terangkat saat jalan menanjak. Kelak hewan ini akan kembali masuk surga. Demikian seperti hadis riwayat Abu Ya’la dari Ibnu Mas’ud.

2. Unta Nabi Shaleh AS

Allah SWT memberi mukjizat kepada Nabi Shaleh berupa unta hamil yang keluar dari batu. Unta itu menghasilkan susu segar yang dapat dinikmati orang-orang sekampungnya. Namun di antara penduduk Tsamud ada yang jahat dan sampai tega membunuh unta tersebut.

Akibat perbuatan kaum Tsamud itu, Allah menurunkan Azab hujan batu kepada mereka. Nabi Shaleh dan orang-orang beriman selamat, sementara mereka binasa. Dikabarkan, unta ini diperkenakan Allah untuk masuk surga

Mujizat dan kerasulan Nabi Saleh pun diabadikan Al-Quran, 

“Dan [Kami telah mengutus] kepada kaum Tsamud saudara mereka Saleh. Ia berkata, ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun, [yang karenanya] kamu akan ditimpa siksaan yang pedih,’” (QS. Al-A'raf [7]: 73).  

3. Anak Sapi Nabi Ibrahim AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: