CAT LOVERS WAJIB TAHU, Jenis Penyakit yang Bisa Menyerang Kucing

CAT LOVERS WAJIB TAHU, Jenis Penyakit yang Bisa Menyerang Kucing

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Sebagai makhluk hidup, kucing juga bisa sakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit parah yang bisa menghilangkan nyawa. 

Saat kucing peliharaan sakit, penting untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang sehingga bisa ditangani dengan tepat. Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kucing dikutip dari halodoc.com

1.Kanker 

Bukan hanya manusia, kucing peliharaan pun memiliki risiko mengalami kanker. Penyakit ini terjadi karena ada pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyerang jaringan hingga menyebar ke bagian tubuh lain. Tidak berbeda jauh dengan yang diidap manusia, kanker pada kucing juga bisa terjadi pada satu area tertentu atau menyebar ke seluruh tubuh. 

2.Diabetes 

Kucing juga bisa mengidap diabetes, yaitu penyakit kompleks yang disebabkan oleh kurangnya hormon insulin atau respon tubuh yang kurang maksimal terhadap hormon tersebut. 

3.Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Kucing peliharaan bisa terinfeksi virus, salah satunya virus imunodefisiensi kucing (FIV). Kabar buruknya, infeksi ini sering kali terlambat disadari karena bisa muncul tanpa menunjukkan gejala hingga bertahun-tahun. Meski berkembang lambat, penyakit ini bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh kucing menjadi sangat lemah. Alhasil, kucing rentan terserang infeksi sekunder. Ada juga infeksi virus Feline Leukemia Virus (FelV). Tidak berbeda jauh, infeksi ini juga melemahkan kekebalan kucing dan bisa berujung pada kematian. 

BACA JUGA:Ada Hari Spesial untuk Kucing Sedunia Loh, Ini Cerita dan Fakta Menariknya

BACA JUGA:Kucing Disebut Bisa Melihat Makhluk Halus, Simak Penjelasannya

4.Cacing Hati 

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang sudah terinfeksi. Cacing hati alias heartworm dikenal sebagai penyebab masalah kesehatan pada kucing, terutama penyakit pada paru-paru. Pemilik kucing yang tinggal di daerah rawan nyamuk harus mewaspadai jenis penyakit yang satu ini. 

5.Rabies 

Rabies disebabkan oleh virus yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini bisa terjadi pada semua mamalia, termasuk kucing, anjing, dan manusia. Rabies pada kucing sama sekali tidak boleh disepelekan. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter hewan jika kucing peliharaan menunjukkan gejala penyakit ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: