Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Selain Melancarkan ASI Juga !

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Selain Melancarkan ASI Juga !

dok_network--

RAKYAT BENTENG.COM – Tanaman Daun Kelor kerap dipakai masyarakat sebagai obat herbal atau obat tradisional. Manfaat yang paling umum adalah membantu meningkatkan dan melancarkan produksi air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui. 

Daun kelor juga didukung oleh nutrisi di dalamnya berupa kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Di dalamnya juga mengandung vitamin A, B, dan C.

Daun kelor memiliki nama latin, yaitu Moringa oleifera. Ini adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau kecoklatan. Bentuknya kecil dan bundar seperti telur dengan tepi daun yang rata.

Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Membantu menangkal radikal bebas
Menangkal radikal bebas terjadi berkat kandungan tinggi antioksidan di dalamnya. Jika kadarnya berlebihan, kondisi ini bisa menyebabkan stres oksidatif yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Manfaat daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Cara kerjanya dengan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin guna mencegah resistensi insulin. Terkait manfaat ini, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting, tetapi berpotensi menimbulkan menjadi masalah jika terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan yang berkelanjutan terkait dengan masalah kesehatan kronis. Beberapa di antaranya, penyakit jantung dan kanker. Dalam studi berjudul Immunosuppressive activity of ethanolic extract of seeds of Moringa oleifera Lam. in experimental immune inflammation dalam Bioorganic & Medicinal Chemistry menyebutkan, kandungan isothiocyanate dalam daun kelor mampu mengatasi peradangan dalam tubuh.

Isothiocyanate sendiri merupakan senyawa antiinflamasi yang terdapat pada daun polong dan biji kelor. Meski mampu mengatasi perangan, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan manfaat ini.

Selain kelor, daun mint jadi jenis tanaman herbal lain yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. 

4. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Manfaat daun kelor ini terjadi karena antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut bekerja dengan menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer seiring dengan berjalannya waktu. 

5. Mengontrol tekanan darah
Kandungan kalium di dalam daun kelor mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Tak hanya itu, nutrisi tersebut juga efektif menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga dapat mencegah risiko terjadinya hipertensi.

6. Membantu menghambat perkembangan sel kanker

Ekstrak kulit batang dan daun kelor yang mengandung antioksidan efektif membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Jenisnya, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

7. Meningkatkan gairah seksual

Penurunan gairah seksual adalah gangguan yang dapat terjadi karena peningkatan hormon stres (kortisol). Untuk mengatasi hal itu, daun kelor bekerja sebagai afrodisiak. Artinya, mampu meningkatkan mood positif dan melancarkan aliran darah.

8. Merasa lebih berenergi
Kelor menjadi salah satu makanan penambah energi yang bebas kafein. Manfaat daun kelor ini terjadi berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Termasuk zat besi dan vitamin B, C, serta D.

9. Mencegah penuaan dini dengan konsumsi daun kelor

Antioksidan seperti flavonoid dan polifenol bekerja dengan memerangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih awet muda. Kedua senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi yang mampu mencegah tanda penuaan dini.

10. Membantu melancarkan pencernaan
Manfaat daun kelor ini terjadi berkat kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya. Serat larutnya akan larut dalam air dan berubah menjadi gel. Ini dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Sementara serat tidak larutnya bekerja dengan menambah volume tinja, sehingga lebih mudah ketika melewati saluran pencernaan. Ini dapat menurunkan risiko sembelit atau susah buang air besar.

11. Meningkatkan kolesterol baik

Kadar kolesterol baik berperan dalam mencegah penyakit jantung. Asupannya bisa kamu dapatkan dari daun kelor. Cara kerjanya dengan menurunkan lemak dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri.

Selain meningkatkan kolesterol baik, tanaman herbal ini juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi pemicu sakit jantung. Hal tersebut tertuang studi berjudul The in vitro and ex vivo antioxidant properties, hypolipidaemic and antiatherosclerotic activities of water extract of Moringa oleifera Lam. leaves dalam Journal of Ethnopharmacology.

Dalam jurnal itu menyebutkan, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan, penurunan kadar kolesterol sebanyak 50 persen dalam waktu 12 minggu. Senyawa di dalam daun kelor bekerja dengan mengurangi pembentukan plak aterosklerotik sebanyak 86 persen. 

12. Menjaga kesehatan hati

Bagi pengidap tuberkulosis, daun kelor bekerja dengan mempercepat perbaikan sel hati. Daunnya memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi, sehingga dapat melindungi hati dari kerusakan oksidatif. Selain itu, tanaman herbal ini juga berperan penting dalam meningkatkan kadar protein di hati.

13. Meningkatkan kesehatan tulang
Manfaat daun kelor yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan tulang. Kegunaan ini berasal dari kandungan tinggi kalsium dan fosfor di dalam tanaman herbal. Keduanya mampu meningkatkan kesehatan tulang dengan memerangi radang sendi dan mempercepat proses penyembuhannya.

Ada lagi tanaman herbal yang terbukti efektif dalam membantu mengatasi masalah kesehatan. (**)


Artikel ini telah tayang di halodoc.com : https://www.halodoc.com/artikel/13-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: