Aktivis GOLPMB Beserta Warga Desa Penyangga Perusahaan Perkebunan Gelar Demo, Tuntutannya

Aktivis GOLPMB Beserta Warga Desa Penyangga Perusahaan Perkebunan Gelar Demo, Tuntutannya

Aksi damai yang dilakukan depan kantor DPRD Bengkulu Tengah.--

KARANG TINGGI RBt - Gabungan Ormas dan LSM Peduli Masyarakat Bengkulu (GOLPMB) bersama dengan warga desa peyangga melakukan aksi damai di depan kantor DPRD Bengkulu Tengah (Benteng) pada Kamis 6 Juli 2023. Orasi dimulai pada pukul 10.45 WIB dan berakhir pada pukul 11.25 WIB. Usai menyampaikan orasinya, sebanyak 10 orang perwakilan pendemo memasuki gedung DPRD Benteng untuk melakukan hearing bersama anggota DPRD Benteng.

 

Dipimpin Ketua DPRD Benteng, Budi Suryantono, S.Sos, hearing berakhir pada pukul 13.15 WIB.

Dalam orasi yang disampaikan perwakilan pendemo, Yasmidi, terdapat beberapa tuntutan. Salah satunya terkait dengan desakan kepada pemerintah daerah kabupaten dan provinsi untuk menyampaikan surat rekomendasi ke pemerintah pusat agar tidak memperpanjang Hak Guna Usaha (HGU) PT. Bio Nusantara Teknologi (BNT) di wilayah Kecamatan Bang Haji. Hal ini lantaran lahan HGU perusahaan tidak pernah diganti rugi, tidak menjalankan kewajiban fasilitas perkebunan bagi masyarakat penyangga dan diduga telah melakukan penjualan HGU ke PT. Sanabi Indah Lestari tanpa proses lelang negara. 

 

"Kami sudah sampaikan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat itu sendiri. Kami mendesak agar pemerintah daerah menindaklanjuti ini. Ada dugaan pelanggaran yang dilakukan perusahaan terhadap pemanfaatan HGU," ujar Yasmidi.(imo/sir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: