Harganya Fantastis, Berikut Jenis Sapi Kurban Termahal di Dunia

Harganya Fantastis, Berikut Jenis Sapi Kurban Termahal di Dunia

Sapi Brahman.--

RAKYATBENTENG.COM – Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 semakin dekat. Peminat sapi kurban tentunya sedang tinggi-tingginya. Harganya bervariasi dari puluhan juta hingga ratusan juta. Tapi, tahukah kalian, di dunia ini terdapat beberapa jenis sapi kurban dengan harga penjualannya funtatis. Tentunya sapi dengan harga segitu dipastikan memiliki kualitas yang baik. Tak jarang sapi ini menjadi incaran artis, pejabat dan konglomerat jika ingin berkurban.

1.  Sapi Brahman

Jenis Sapi Brahman menjadi salah satu sapi yang termahal di dunia. Sapi ini berasal dari India yang dikembangkan di negara Amerika Serikat. Cirinya memiliki punuk besar pada tubuhnya dengan warna bervariasi. Bobot sapi ini bisa mencapai 580 kg sampai dengan 1,1 ton yang dihargai Rp 37 per ekor atau bisa lebih jika bobotnya makin berat. Namun, untuk bobot 1,1 ton saat ini jarang ditemukan.

2.  Sapi Ongole

Masih dari negara India, jenis Sapi Ongole tergolong jenis sapi zebu atau sapi berpunuk. Bobotnya rata-rata 850 kg dengan tinggi mencapai 1,6 meter. Harganya bisa dijual dari angka Rp 17 juta hingga Rp 60 juta per ekor. Ciri lain dari sapi ini memiliki warga putih dan kulit bergelambir pada bagian lehernya.

BACA JUGA:Kenali, Berikut Ini Larangan Jika Ingin Berkurban

BACA JUGA:Pemula Wajib Tau, Begini Cara Report Akun Pemain Mobile Legend yang Rusuh

3.  Sapi Madura

Tidak hanya dari negara lain, di Indonesia sendiri juga memiliki jenis sapi yang termasuk mahal. Ialah jenis Sapi Madura. Sapi lokal asli Indonesia ini memiliki kualitas tak kalah dari sapi luar negeri. Bobot sapi ini mencapai 500 kg dengan harga bisa tembus Rp 22 juta per ekor. Kelebihan sapi ini, memiliki tulang kecil dengan daging yang tebal. Lemaknya tergolong rendah. Dari segi ternak, sapi ini bisa bertahan hidup meskipun dengan pakan terbatas serta kuat saat iklim panas.

4.  Sapi Simental

Bobot Sapi Simental ini bisa mencapai 800 kg hingga 1 ton. Tingginya 1,5 meter. Sapi ini berasal adri lembah Simme, Swiss dan tumbuh dengan otot yang cukup bagus. Lemak di bagian bawah kulit tergolong rendah. Harganya bisa mencapai Rp 100 juta per ekor.

5.  Sapi Bali

Memiliki ciri khas tubuh gempal dan tidak berpunuk, Sapi Bali menjadi salah satu sapi yang termahal di dunia. Sapi ini juga memiliki bulu badan berwarna merah untuk jenis betina dan berwarna hitam bagi sapi Jantan.

Warna daging merah segar dengan lemak sedikit. Bobotnya dari 250 kg hingga 375 kg. Biasanya sapi ini dijual dengan harga Rp 18 juta hingga Rp 27 juta per ekor.

Demikian informasi harga dan jenis sapi yang bisa dijadikan sapi kurban di dunia. Tapi tetap, sebelum membelinya harus mengecek kesehatan sapi tersebut.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: