Kumur dengan Air Asin, Begini Pertolongan Pertama Redakan Batuk

Kumur dengan Air Asin, Begini Pertolongan Pertama Redakan Batuk

dok__jpnn.com--

Mengonsumsi minuman seperti teh hangat atau air lemon hangat dapat memberikan efek menghilangkan rasa perih atau sakit pada tenggorokan akibat batuk. Minuman hangat juga dapat membantu melonggarkan lendir yang menempel di tenggorokan saat batuk. 

4. Tingkatkan Asupan Cairan

Meningkatkan kebutuhan cairan merupakan tindakan yang baik ketika sedang batuk. Tetap terhidrasi dengan baik adalah cara yang tepat untuk membantu mengencerkan lendir. Cairan tidak hanya kamu dapatkan dari minuman, tapi bisa juga melalui sup ayam atau sup daging. 

5. Berkumur dengan Air Asin

Cara ini mungkin relatif sederhana, akan tetapi nyatanya berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan batuk. Mencampur ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat dapat meredakan iritasi. 

6. Minum Air Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang terkenal dan sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit, termasuk batuk. Konsumsi air jahe diyakini dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran napas. Manfaat ini dapat memberikan bantuan bagi gejala asma dan batuk.

7. Penggunaan Obat Bebas Resep

Ada beberapa obat tanpa resep yang dapat kamu gunakan untuk meredakan batuk adalah sebagai berikut:

- Obat batuk dengan bahan aktif guaifenesin, adalah agen ekspektoran yang membantu melonggarkan lendir dalam saluran pernapasan, sehingga mempermudah pengeluaran dahak. 

- Obat batuk dengan bahan aktif dekstrometorfan, adalah agen antitusif yang bekerja dengan mengurangi refleks batuk di otak. Obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan, seperti sirup batuk, dapat membantu meredakan batuk kering yang tidak produktif.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: