Asik, Dana Bantuan PIP Cair, Ingin Tau Besarannya, Cek link di Sini

Asik, Dana Bantuan PIP Cair, Ingin Tau Besarannya, Cek link di Sini

dok_jpnn--

RAKYAT BENTENG, COM - Penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 sebesar Rp1 juta buat SD, SMP, SMA dan SMK di seluruh daerah Indonesia, telah dicairkan.

Penerima dapat mengecek langsung dari handphone, dengan masuk ke laman pip.kemdikbud.go.id.

Serta, aktivitasi rekening paling lambat hingga 30 Juni 2023.

Bantuan subsidi bagi murid sekolah ini disalurkan pada 14.303.732 siswa dan kepada penerima dana BLT sebanyak 6.432.461 siswa. 

Data penyaluran tersebut bisa dilihat oleh calon penerima di dalam laman resmi pip.kemdikbud.go.id.

Adapun berikut ini detail jumlah penerima dana bantuan PIP 2023 yang akan disalurkan:

1. Dana untuk siswa SD/sederajat akan dialokasi kepada 6.736.354 siswa dengan 3.276.813 siswa yang sudah menerima (disalurkan).

2. Untuk siswa SMP/sederajat dengan total alokasi dana kepada 4.369.968 siswa dengan total 2.103.550 siswa yang sudah mendapatkan manfaat (disalurkan). 

3. Kemudian untuk siswa SMA dengan jumlah alokasi penerima sebanyak 1.367.559 siswa dan yang sudah menerima manfaat sebanyak 461.283 siswa (disalurkan).

4. Terakhir untuk SMK dengan total alokasi sebanyak 1.829.167 siswa dengan jumlah yang mendapatkan manfaat sebanyak 590.815 siswa (disalurkan).

Sebagai informasi, diketahui bahwa PIP 2023 dengan dana bantuan sebesar Rp1 juta yang diberikan bertujuan untuk mendukung keberlangsungan kebutuhan pendidikan bagi para siswa dari keluarga yang dikatakan kurang mampu dan untuk memenuhi syarat berikut:

Untuk anak yang berada di usia sekolah dengan jenjang umur 6 hingga 21 tahun. Berasal dari keluarga yang dikategorikan sebagai miskin dan rentan miskin.
Sebagai pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), terdata menjadi peserta program keluarga harapan (PKH), sebagai yatim piatu, penyandang disabilitas dan menjadi korban bencana alam/musibah.
Selanjutnya, penerima KIP juga harus terdaftar sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal yakni SD, SMP, SMA dan SMK atau pun non formal yaitu PKBM, SKB dan LKP. 

Terakhir sudah memiliki KIP yang telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Untuk para penerima manfaat siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang telah memenuhi syarat bisa menginput NIK dan juga NISN di laman pip.kemdikbud.go.id melalui handphone dengan cara berikut ini:

1. Pertama, calon penerima bisa mengunjungi website resmi pip.kemdikbud.go.id di browser pada handphone masing-masing. 

2. Selanjutnya pilih bagian “Cari Penerima PIP”.

3. Jangan lupa untuk melakukan penginputan data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) di kolom yang sudah tersedia.

4. Lalu tahapan lainnya penerima manfaat bisa isi jawaban chapta.

5. Kemudian jangan lupa untuk klik ‘Cek Penerima PIP’, maka nantinya akan muncul informasi yang berkaitan dengan penerima bantuan PIP.

Untuk diketahui bahwa dana bantuan PIP 2023 yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan  jenjang pendidikan terdiri dari rincian berikut:

Bagi siswa SD mendapatkan dana sebesar Rp450 ribu. 

Kemudian, untuk penerima dari kategori siswa SMP mendapatkan dana sebesar Rp750 ribu dan siswa di jenjang SMA dan SMK mendapatkan dana sebesar Rp1 juta. 
Bagaimana agar bantuan PIP cair?

Nantinya pemerintah akan memberikan bantuan PIP 2023 tersebut secara langsung ke rekening SimPel dari masing-masing siswa sebagai penerima. 
Untuk itu, simak langkah-langkah berikut ini yang perlu dilakukan agar dana BLT hingga Rp1 juta bisa cair, yakni dengan melakukan aktivasi rekening SimPel.

Aktivasi rekening SimPel bisa penerima lakukan dengan melalui Bank BRI atau pun BNI dengan mengikuti langkah berikut:

Langkah awal yang harus dilakukan dengan mendatangi bank yang dipercaya sebagai penyalur dana bantuan PIP.

Jangan ketinggalan untuk membaawa surat keterangan aktivitasi rekening SimPel PIP dari Kepala Sekolah.

Jangan lupa membawa KTP/ KK/Surat Domisili dari orang tua ataupun wali. Kemudian tak lupa untuk mengisi formulir pembukaan rekening SimPel PIP dari BRI atau BNI.

Setelah itu, rekening PIP aktif dan siswa nantinya akan mendapat buku tabungan SimPel dan kartu debit.

Buku tabungan tersebut dan juga kartu debit bisa digunakan untuk mencairkan dana bantuan PIP.

Langkah akhir, para penerima atau siswa yang mendapatkan dana bantuan hanya tinggal mengunggu jadwal dari pencairan PIP 2023. 

Itulah beberapa informasi penting yang harus dilakukan supaya bantuan PIP 2023 bisa cair dan info daftar nama penerima BLT Rp1 juta bisa cek di pip.kemdikbud.go.id melalui handphone. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat terutama untuk para siswa yang diketahui sebagai penerima dana bantuan tersebut. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: