Antisipasi Kecurangan Coklit, Panwascam Siagakan PKD

Antisipasi Kecurangan Coklit, Panwascam Siagakan PKD

--

RAKYATBENTENG.COM - Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pilih oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) sedang berlangsung. Guna memastikan coklit tak terdapat pelanggaran, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pagar Jati menyiagakan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk melakukan pemantauan di setiap desa. Meskipun, jumlah anggota PKD tidak sebanding dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Ketua Panwaslu Kecamatan Pagar Jati, Dodi Sapawi menjelaskan dalam pengawasan coklit yang dilakukan pantarlih, PKD diminta memastikan setiap pekerjaan yang dilaksanakan telah sesuai dengan aturan.
‘’Sudah mulai dari tanggal 12 Februari lalu, seluruh PKD langsung terjun ke lapangan untuk mengawasi coklit yang dilakukan pantarlih. Nah ini yang harus diawasi oleh PKD itu sendiri. Apakah pantarlih sendiri ini bekerja atau tidak, saat coklit,’’ kata Dodi.
Dodi menambahkan, PKD tidak hanya melakukan pengawasan coklit daftar pemilih yang dilakukan petugas pantarlih namun, namun PKD juga diminta untuk memastikan prosedur yang dilakukan pantarlih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
‘’Pantarlih harus memastikan benar-benar data pemilih. Tahap akhir, harus menempelkan stiker. Karena secara regulasi, mereka harus door to door.  Bahkan jika dalam satu rumah ada dua KK, juga harus bertemu dengan dua KK tersebut. Tidak boleh hanya ditemui satu KK lalu menganggap sudah coklit dua-duanya,’’ demikian Dodi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: