Verfak Dukungan Balon DPD Diawasi PKD

Verfak Dukungan Balon DPD Diawasi PKD

--

RAKYATBENTENG.COM - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Taba Penanjung melalui Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) saat ini melaksanakan pengawasan verifikasi faktual (Verfak) dukungan bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Hal ini dilakukan guna memastikan jika pelaksanaan verfak sudah sesuai dengan aturan.
Ketua Panwaslu Kecamatan Taba Penanjung, Hosi'i menuturkan verifikasi faktual ini guna memastikan cara bertemu langsung dengan orang yang memberikan dukungan kepada bakal calon legislatif.
‘’Kita awasi proses verifikasi faktual ini melalui panwaslu kecamatan yang dilakukan PKD masing-masing desa atau kelurahan,’’ kata Hosi'i.
Hosi'i menambahkan, PKD bertugas mengawasi tahapan verifikasi faktual guna memastikan dukungan suara masyarakat untuk calon anggota DPD benar-benar Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Kemudian, PKD setiap desa bertugas memastikan identitas dukungan seperti nama dan alamat sesuai dengan data yang tercantum.
‘’Kita pastikan juga langsung bertemu dengan orang yang mendukung itu. Kalau tidak, lewat panggilan video call atau kirim video. Asal sesuai dengan identitasnya. Tapi kita dahulukan yang ketemu langsung,’’ kata Hosi'i.
Terkahir, yang paling rawan dalam proses verifikasi faktual keanggotaan dukungan itu adalah adanya nama warga yang asal dicatut sebagai pendukung. Sehingga, jangan sampai dalam dukungan DPD ini ada nama warga yang namanya hanya dicatut oleh calon tertentu.
‘’Kami akan memastikan tidak ada lagi catut-mencatut nama warga sebagai pendukung calon anggota DPD di masa pemilu sekarang. Siapapun calon DPD harus mencari pendukungnya, jangan hanya mencatut saja,’’ demikian Hosi'i. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: