Tiru LPM yang Sukses Kelola Sampah

Tiru LPM yang Sukses Kelola Sampah

RAKYATBENTENG.COM — Polemik sampah di berbagai daerah masih menjadi momok menakutkan, tak terkecuali di Kota Bengkulu.

Di Kota Bengkulu sendiri penanggulangan sampah terus di galakkan. Bahkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi turun tangan mengatasi masalah sampah ini.

Berbagai cara dilakukan, mulai dari menggalakkan gerakan merdeka sampah BlSA, kegiatan gotong royong rutin, melibatkan LPM hingga sayembara berhadiah uang.

"Kita pemilik sah Kota Bengkulu ini, mari kita jadikan kota ini bersih dan sejuk. Jadi saat ada sampah yang berserakan kita harus merasa rishi dan jadikan merdeka sampah ini menjadi gerakan sebagai awal Iahirnya rasa cinta dengan kota ini," tutur Helmi dengan penuh semangat beberapa waktu lalu.

Karena sejatinya, persoalan sampah ini tak bisa diselesaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemkot saja. 

Maka dari itu, peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sangat dituntut dalam pengelolaan sampah.

"Kalau ini berkerja secara efektif maka tak ada Iagi persoalan sampah di kota Bengkulu. Dan kita juga minta masyarakat kian sadar untuk Iebih bijak dalam pengelolaan sampah dan kita harapkan partisipasi seluruh pihak dengan target setiap kelurahan nantinya bebas akan sampah," jelasnya.

Sebagai contoh, Helmi mengajak LPM dapat belajar dan mengikuti LPM — LPM di Kota Bengkulu yang telak sukses dalam mengelola sampah.

 

"Ada kelurahan Cempaka Permai, Kandang Mas dan Iainnya. ltu bisa ditiru, karena apa yang dilakukan pemerintah mereka Iakukan juga, itulah pengelolaan mereka berhasil," tutupnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: