Dinkes Verifikasi ODF, Ini Target Desa Senabah

Dinkes Verifikasi ODF, Ini Target Desa Senabah

--

RAKYATBENTENG.COM - Guna mencapai target masyarakat Berhenti Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Pemerintah Desa (Pemdes) Senabah Kecamatan Pematang Tiga bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Tengah melaksanakan verifikasi Open Defecation Free (ODF).

 

ODF tersebut adalah proses memastikan status suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. 

 

Terdapat beberapa Tempat Buang Air Besar (TBAB) yang dilakukan perbaikan.

 

Kades Senabah, Devi menjelaskan bahwa verifikasi ODF telah dilaksankaan pada bulan September tahun lalu. 

 

BACA JUGA:PKD Dilantik, Ini Pesan Ketua Panwaslu Kecamatan

 

BACA JUGA:Hasil Kelulusan PKD Wilayah Kecamatan Talang Empat Diumumkan, Cek Nama Kamu di Sini

 

Terdapat kurang lebih 10 TBAB yang dilakukan perbaikan.

 

‘’Sebelumnya itu memang ada pemberitahuan dari Dinkes melalui Puskesmas Aturan Mumpo untuk melakukan perbaikan. TBAB desa kami telah rusak telah selesai diperbaiki sekitar 10 titik,’’ kata Devi.

 

Devi mengatakan bahwa sangat jarang masyarakat Desa Senabah yang masih buang air besar sembarangan dikarenakan setiap rumah pasti mempunyai toilet.

 

‘’Saya rasa di zaman sekarang sudah jarang orang yang masih buang air besar sembarangan. Terkecuali mungkin desa tersebut dekat dengan sungai yang besar. Di desa kita pun sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan, karena sudah menerapkan stop BABS itu,’’ demikian Devi.(ae3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: