426 Calon PPS Tes Wawancara, Ini Jadwalnya

426 Calon PPS Tes Wawancara, Ini Jadwalnya

--

RAKYATBENTENG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar tes wawancara seleksi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

 

Berlokasikan di aula RM Riung Gunung Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, pelaksanaan tes akan dilangsungkan selama empat hari, dimulai Minggu (15/1/2023).

 

Hari pertama, wawancara diiukuti peserta calon PPS dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Merigi Sakti 126 peserta, Kecamatan Merigi Kelindang 112 peserta, Kecamatan Pondok Kubang 97 peserta dan Kecamatan Bang Haji 93 peserta. 

 

Sedangkan hari kedua peserta calon PPS Kecamatan Semidang Lagan, Pematang Tiga, Pagar Jati dan Kecamatan Taba Penanjung. 

 

BACA JUGA:PENTING, Kemenpan-RB Beri Solusi Bagi Peserta Tidak Lolos Administrasi PPPK Teknis, Baca Ini

BACA JUGA:Cek Info Disini, PT Telkom Indonesia (Persero) Buka Lowongan Kerja Tahun 2023

 

Untuk hari terakhir hanya calon PPS dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Pondok Kelapa, Talang Empat  dan kecamatan Karang Tinggi.

 

Ketua KPU Bengkulu Tengah, Drs. Brotoseno mengatakan total 426 peserta yang dinyatakan berhak mengikuti tes wawancara. 

Mekanisme tes, peserta dipanggil satu per satu untuk diwawancara.

 

"Dalam wawancara kita menggali bagaimana motivasi peserta untuk menjadi penyelenggaraan. Sebab, untuk pemilu 2024 nanti, tugas sebagai penyelenggaraan sangat berat dan ada beberapa tahapan yang akan dilakukan seperti pilkada, legislatif, pemilihan presiden. Sehingga kita butuh kesiapan-kesiapan orang yang betul-betul profesional, berkualitas dan berintegritas yang tinggi," kata Broto

 

Broto mengungkapkan, dalam tes wawancara ini semuanya akan digali lebih dalam termasuk soal loyalitas terhadap lembaga, kemudian bagaimana koletif dan kolegialnya dalam kerjasama tim.

 

BACA JUGA:Inspiratif, Mantan Sopir Truk BB Ini Selamatkan Kesenian Sarafal Anam dari Kepunahan

BACA JUGA:Warga Lubuk Pendam Tutup Paksa Akses Jalan Galian C, Ini Penyebabnya

 

"Kita berharap dalam tes wawancara ini bisa mengetahui komitmen awal para peserta memiliki atau tidak jiwa kerjasama timnya. Sebab, kerjasama tim lebih diutamakan karena jika tidak bisa kerja tim percuma. Sekalipun kemampuan individunya bagus, kedepannya akan lebih berat melaksanakan tugas pemilu nanti," ujar Broto.

 

Broto berpesan, kepada para peserta PPS yang mengikuti tahapan wawancara harus dipersiapkan dengan baik dalam tes wawancara ini. 

 

Siapapun nanti yang memenuhi syarat dalam seleksi ini, lakukan pekerjaan ataupun tugas-tugas PPS nanti sesuai regulasi.

 

"Kedepan siapapun peserta yang lulus dan dilantik menjadi PPS taati aturan yang ada dan laksanakan tahapan sesuai waktunya. Dan terpenting menjaga integritas dan profesional setiap pekerjaan nanti," imbau Broto.

 

BACA JUGA:Ditemukan KTP Dukungan Bakal Calon DPD RI Ganda, Segini Jumlahnya

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Nantikan Upaya PK YBI

 

Sementara itu, salah satu peserta tes wawancara PPS Benteng, Tantawi, warga Kecamatan Bang Haji mengungkapkan, dirinya saat diwawancarai ditanyakan prihal pengetahuan bagaimana tahapan pelaksanaan pemilu.

 

"Ditanya soal tahapan-tahapan pemilu. Kemudian ditanya soal motivasi jadi PPS dan ditanya ada pengalaman atau tidak dalam pemilu," pungkas Tantawi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: