Penilaian SPIP, Ini Target Pemkab Benteng

Penilaian SPIP, Ini Target Pemkab Benteng

--

RAKYATBENTENG.COM - Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) menandatangani komitmen percepatan penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi.

 

Penandatangan komitmen diawali oleh Pj Bupati Benteng, Dr. Heriyandi Roni, M.Si, kemudian diikuti Sekdakab Benteng, Drs. Rachmat Riyanto, ST, MAP dan pejabat lainnya. 

 

Harapannya, kedepan Pemkab Benteng dapat naik level dari saat ini level 2 menjadi level 3.

 

Rachmat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP. 

 

BACA JUGA:Data Registrasi STNK Kendaraan Anda Akan Dihapuskan Jika…

BACA JUGA:KPM BLT Dana Desa Padang Tambak Sudah Ditetapkan, Ini Jumlahnya

 

Diharapkan ada kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan setiap OPD.

 

‘’Kita siap melaksanakan semua komitmen yang telah ditandatangani ini. Saat ini kita ada di level 2. Diharapkan dengan komitmen ini tahun 2023 bisa naik ke level 3,’’ kata Rachmat.

 

Sementara, Inspektur Daerah (Ipda) Benteng, Welldo Kurniyanto SE, MM, CGCAE menjelaskan, tahapan penilaian SPIP akan dimulai dari penilaian mandiri yang dilakukan masing-masing OPD. 

 

Setelah itu, pihaknya melakukan penjaminan kualitas penilaian mandiri. 

 

BPKP kemudian melakukan evaluasi, lalu akan terlihat level SPIP Pemkab Benteng.

 

BACA JUGA:Pengumuman Hasil CAT PPS Diduga Bermasalah, Kok Bisa…

BACA JUGA:Hore, Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi PPPK Sudah Keluar, Klik Disini untuk Lihat Namamu

 

‘’Indikator penilaian dimulai dari perencanaan yang harus bersinergi ke tujuannya. Semuanya harus jelas dan terdokumentasikan dengan baik,’’ jelas Welldo.

 

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, Jusuf Martono menjelaskan, terdapat tiga komponen yang akan menjadi bahan evaluasi, mulai dari perencanaan, pengendalian dan tujuan kegiatannya.

 

‘’Nanti akan dilihat, apakah perencanaan sudah dilakukan sesuai tujuan yang ditetapkan. Lalu, lima unsur pengendalian serta tujuannya tercapai atau tidak. Diharapkan, perencanaan sudah bagus, tujuan tercapai, pengamanan aset serta kepatuhan terhadap undang-undang sudah terselenggara dengan baik. Mudah-mudahan, penilaian SPIP di Benteng bisa naik ke level 3,’’ pungkas Jusuf.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: