Menjawab Keraguan dengan Hasil Kerja, Apa Saja?

Menjawab Keraguan dengan Hasil Kerja, Apa Saja?

--

AGUNG Budiyanto, SE, ME pada awal diamanahkan memimpin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) November 2021 lalu sempat diragukan banyak pihak. Bukan tanpa alasan, pasalnya pria kelahiran tanggal 23 Juli ini memiliki basic pendidikan ilmu Ekonomi Manajemen, baik S1 maupun S2 nya, bukannya membidangi urusan perpustakaan. 

Ditambah lagi ia juga lama berkarir di Badan Keuangan Daerah (BKD). Mendampingi Welldo Kurniyanto, SE, MM yang kala itu menjabat Kepala BKD, duet keduanya berhasil membawa perubahan positif, bukan hanya di internal BKD namun bagi Pemkab Benteng secara umum.  

Seiring waktu, keduanya berpisah, Welldo menahkodai Inspektorat Daerah, Agung mendapat promosi setelah mengikuti lelang jabatan, pindah ke Dinas Perpusip menjabat Kepala Dinas (Kadis). 

"Tak dapat dipungkiri, selama mendampingi beliau (Welldo Kurniyanto, red) di BKD saya banyak mendapatkan ilmu, pengalaman dan mitra kerja. Itu sangat berguna ketika saya dipercaya duduk di sini (Dinas Perpusip, red)," ungkap Agung.  

Di bawah kepemimpinan Agung, Dinas Perpusip Benteng mendapatkan apresiasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) pada tahun 2022. Dalam menerapkan aplikasi ini Dinas Perpusip berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik). Secara urutan, Benteng menduduki urutan ke-40 dari 130 daerah se-Indonesia yang telah menerapkan aplikasi.   

Produk digital lain yang dilahirkan Dinas Perpusip baru-baru ini yaitu aplikasi iBenteng. Sebuah aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan serta memanjakan masyarakat dalam membaca buku. Aplikasi ini sudah bisa didownload di playstore. 

"Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari kerjasama dan dukungan rekan-rekan di kantor. Tanpa mereka, saya tidak bisa berbuat banyak. Ada sejumlah program yang telah kita laksanakan di tahun lalu. Kita juga sudah meluncurkan aplikasi iBenteng, sudah bisa didownload aplikasinya," kata Agung. 

Dan mengawali tahun yang baru, Agung beserta segenap jajaran menempati kantor barunya yang beralamat di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat. Dibangun dengan dana pusat, jadilah Kabupaten Benteng memiliki gedung perpustakaan umum daerah pertama berstandar nasional yang juga berfungsi sebagai kantor Dispusip.(fry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: