Warga Kecamatan Bang Haji Geruduk PT. Bio, Ini Tuntutannya

Warga Kecamatan Bang Haji Geruduk PT. Bio, Ini Tuntutannya

dok__rbt.com--

RAKYAT BENTENG.COM - Puluhan warga dari Desa Genting dan Air Napal, Kecamatan Bang Haji menggelar aksi demo di areal kebun PT. Bio Nusantara Teknologi (BNT). Adapun tuntutan warga menolak Replanting dan Perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan. 

Hingga berita ini diturunkan, Rabu 4 Januari 2022 aksi masih berlangsung. Dalam aksinya warga yang membentangkan spanduk dan menyuarakan orasi mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. 

Kekesalan warga berujung pada demonstrasi tersebut dilakukan lantaran masa HGU PT. Bio sedianya akan habis pada 2025 mendatang. 

Namun, saat ini PT. Bio justru sedang melakukan replanting dan peremajaan terhadap sawit yang sudah tidak produktif. Sementara warga berharap HGU tidak diperpanjang sehingga dapat dikembalikan kepada warga untuk digarap.   

Humas PT. Bio, Wahyu mengungkapkan bahwa persoalan yang dipertanyakan warga belum bisa dijawab dan masih menunggu pimpinan. 

"Untuk itu kami belum bisa menjawab, kita tunggu pimpinan saja kesini agar masyarakat bisa mendengar langsung," ungkap Wahyu.

Secara terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Benteng, Meizuar, SH, MM mengaku belum mengetahui perihal demo. 

"Kalau soal itu saya belum tahu. Coba saya tanyakan dulu sama staf. Saya cari tahu terlebih dahulu," kata Meizuar.(red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: