Tahun Ini, Kepengurusan Baru BUMDes Pulau Panggung Dibentuk

Tahun Ini, Kepengurusan Baru BUMDes Pulau Panggung Dibentuk

Kades Pulau Panggung, Nurul Ikhsan. foto: dok rbt--

RAKYATBENTENG.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah saat ini sedang melaksanakan proses pembentukan kepengurusan baru untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Sehingga BUMDes yang sempat vakum sejak dua tahun terakhir bisa berjalan kembali.

Kades Pulau Panggung, Nurul Ikhsan mengatakan, selain kepengurusan baru, pihaknya juga melaksanakan pengurusan badan hukum.

BACA JUGA:Lomba HUT RI ke-77 di Pekik Nyaring Tersebar di Dusun-Dusun

''Sudah vakum sejak kurang lebih 2 tahun lalu dan sekarang kami dalam proses pembentukan ulang kepengurusan BUMDes. Untuk badan hukum, kita memang belum berbadan hukum, tapi sudah proses pembentukannya,'' ujar Nurul.

Nurul menjelaskan, adapun dana yang tersisa dari kepengurusan BUMDes lama senilai Rp 109 juta. 

Direncanakan kedepan akan membuka unit usaha berupa usaha penyediaan jasa, bidang perikanan, pengadaan barang dan usaha lain yang berkaitan dengan jual beli.

BACA JUGA:Seru dan Meriah, 13 Jenis Lomba Digelar di Desa Taba Pasmah

''Kami merencanakan ada empat unit usaha yang akan dikerjakan oleh BUMDes baru. Bentuk usahanya masih dipikirkan. Jelasnya mengarah pada bidang jasa, jual beli barang, bidang perikanan maupun pengadaan barang. Nanti pengelolaan akan dikembalikan ke pengurus dan warga desa,'' demikian Nurul.(ae1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: