Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Anggarkan Rp 227 Juta

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Anggarkan Rp 227 Juta

Kades Pasar Pedati, Ramadan Bakal Memfokuskan Program Ketahanan Pangan dan Hewani dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat--

LIPUTAN 11 RBt – Guna merealisasikan program ketahanan pangan dan pelatihan bagi masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa telah menganggarkan dana senilai Rp 227 juta. Adapun program ketahanan pangan dan hewani yang dicanangkan berupa ternak sapi lokal, ayam joper, ternak lele, ikan, gurame dan penanaman tanaman obat keluarga atau toga. 

Kades Pasar Pedati, Ramadan menuturkan desa telah menyiapkan lahan seluas 2.500 m2. Peruntukkannya dibangun empat kolam ikan lele, dan untuk ditanami sayuran maupun toga.

BACA JUGA:6 Tahun Vakum, BUMDes Penanding Bangkit Lagi

‘’Kami akan fokus pada program ketahanan pangan. Ada budidaya lele, ternak sapi dan budidaya sayur mayur. Anggaran yang sudah disiapkan mencapai Rp 227 juta. Ada juga yang akan digunakan untuk pelatihan. Tujuan dialokasikannya dana ketahanan pangan selain pemulihan ekonomi juga mendorong kearifan lokal kita,’’ ungkap Ramadan.

Ramadan menjelaskan lebih jauh, untuk jumlah bibit yang akan ditanam diantaranya 100 batang cabai, 30 batang jagung, 25 batang terung dan beberapa jenis sayuran lainnya. Diharapkan dengan direalisasikannya program ketahanan pangan oleh desa dapat diterapkan pula oleh warga. Dimana warga memanfaatkan lahan di rumahnya agar menghasilkan.(sir1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: