Perizinan Tambang BB di Durian Lebar Dipertanyakan

Perizinan Tambang BB di Durian Lebar Dipertanyakan

Dari foto yang diterima redaksi diduga di lokasi tambang tampak tumpukkan karung berisi batu bara--

MERIGI SAKTI RBt – Entah sejak kapan beroperasi dan siapa pemodal di belakangnya, diperoleh informasi terdapat aktivitas dugaan penambangan Batu Bara (BB) di areal kebun, Desa Durian Lebar, Kecamatan Merigi Sakti. 

Menariknya, dilihat dari gambar yang diperoleh wartawan, BB hasil pengerukkan dengan alat berat dikarungi sebelum diangkut keluar lokasi. Jumlahnya ditaksir mencapai ratusan karung. Tidak juga diketahui pasti kemana penjualan BB karungan tersebut. 

Saat coba ditanyakan, Kades Durian Lebar, Mulyadi membenarkan jika di desanya terdapat aktivitas penambangan batu bara karungan. Namun dirinya tidak mengetahui pasti siapa yang bertanggungjawab atas tambang tersebut, termasuk soal perizinan. 

BACA JUGA:Proyek BPBD Senilai Rp 4,8 M Diusut Jaksa

‘’Memang ada. Infonya menggunakan alat berat. Tapi hanya beraktifitas beberapa hari saja. Kalau soal perizinan, saya kurang tahu,’’ ujar Mulyadi.  

Terpisah, Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Nur Hidayat, SH mengatakan jika pihaknya belum mengetahui pasti adanya aktivitas penambangan BB di Durian Lebar. Lantaran diketahui untuk kepengurusan izin pertambangan merupakan kewenangan dari Pemprov Bengkulu.

‘’Kalau kami kurang tahu soal aktivitas penambangan. Karena itu semua izinnya dari provinsi. Benteng tidak ada mengeluarkan izin apapun,’’ pungkas Nur.(fry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: