Tahukah Anda Ubi Jalar Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Senin 21-10-2024,16:52 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

Manfaat Lain

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, ubi jalar juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena mengandung beta-karoten, karotenoid yang dikenal baik untuk penglihatan. 

Kesehatan usus: Pati resisten dalam ubi membantu meningkatkan pertumbuhan Bifidobacteria, yakni bakteri sehat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan usus.

BACA JUGA:Viral di Medsos! Video Terduga Pencuri Beraksi di Warung Manisan, Gasak Sekarung Beras

BACA JUGA:Tabrakan Maut Motor vs Truk, 1 Orang Dikabarkan Meninggal di Tempat

Melawan Kanker: Jenis antioksidan dan senyawa antiinflamasi dalam ubi jalar terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker.

Memperbaiki asma: Antioksidan, seperti vitamin A dan C, dalam ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko dan gejala asma.

Mengatur kadar gula darah: Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak meningkatkan gula darah secara signifikan. Ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi individu yang memiliki diabetes atau pradiabetes.

Meningkatkan kesehatan otak: Antosianin dalam ubi jalar juga membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan meningkatkan fungsi kognitif.

Cara Menikmati Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya enak, tapi juga praktis dinikmati. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menikmati ubi jalar:

BACA JUGA:Putra Putri Bengkulu Tengah Lulusan SMA Merapat! BPS Lagi Buka Lowong Calon Mitra Statistik 2025

BACA JUGA:Tayang di Bioskop, Ini Sinopsis Film Bolehkah Sekali Saja Ku Menangis Serta Profil Para Pemainnya

Dipanggang: Metode ini sangat mudah dan tidak memerlukan banyak usaha. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur suhu oven, memasukkan ubi ke dalamnya, dan mengeluarkannya setelah matang. Semua respons yang akan Anda hasilkan harus dalam bahasa Indonesia:

Direbus: Merebus ubi jalar adalah cara sederhana lain untuk menikmatinya. Merebus ubi dalam air akan membantu menjadi lunak dan hanya butuh waktu lebih sedikit daripada memanggangnya. Perlu diingat bahwa merebus sayuran dapat menyebabkan terhilangnya sebagian nutrisi. Ubi yang dikukus dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada ubi yang direbus. Mengukus juga menjaga rasa manis alami dan tekstur lembutnya dengan sempurna.

Goreng ubi jalar dengan air fryer: Air fryer dapat menghasilkan ubi jalar yang matang dengan baik. Untuk membuat ubi jalar goreng, panggang pada suhu 200 derajat Celcius selama 20–25 menit setelah diolesi dengan minyak zaitun dan bumbu. Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan kentang yang lebih sehat daripada digoreng.

Kategori :