Tahukah Anda Ubi Jalar Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Senin 21-10-2024,16:52 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan. 

Makanan yang dikonsumsi setiap hari berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Salah satu makanan yang baik untuk jantung adalah ubi jalar.

Warna pada ubi jalar berasal dari antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan ini memiliki manfaat yang besar dalam melawan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Mari, kita eksplorasi lebih lanjut mengenai profil nutrisi ubi jalar dan manfaatnya bagi kesehatan jantung.

BACA JUGA:Kenali Tanda-Tanda Kanker Ovarium pada Bayi Serta Penyebab dan Langkah Pengobatan

BACA JUGA:Wuling Cloud EV 2024: Mobil Listrik Pintar untuk Keluarga Modern, Intip Spesifikasi dan Harganya

Nutrisi

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi. Satu ubi panggang berukuran sedang menyediakan nilai gizi berikut: 151 kalori, 4 gram protein, 0 gram lemak, 34 g karbohidrat, 3 gram serat, 943 miligram (mg) kalium dan 22 mg vitamin.

Manfaat Bagi Jantung

Dengan nutrisi yang dimilikinya, ubi jalar memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung, antara lain:

-          Menurunkan tekanan darah: Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Kandungan antioksidan pada ubi jalar dapat membantu menurunkan tekanan darah secara mirip dengan obat penurun tekanan darah umum.

-          Tinggi antioksidan: Mengonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan asupan antioksidan dan mengurangi peradangan. Ubi jalar kaya akan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:Sinopsis Film Putri Bintang Lima, Ketika Cinta Terhalang Restu Karena Status Sosial

BACA JUGA:Madu Bisa Dipakai Buat Masker? Simak Manfaat dan Cara Penggunaannya

-          Memperbaiki sirkulasi darah: Antioksidan yang terdapat dalam ubi jalar dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara. Sebagai akibatnya, risiko pembentukan bekuan darah menurun dan peredaran darah menjadi lebih lancar.

-          Manajemen Berat Badan: Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks dan memiliki indeks glikemik rendah yang dapat meningkatkan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bermanfaat untuk pengelolaan berat badan.

Kategori :