Setelah Berolahraga, Langsung Sauna, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Rabu 02-10-2024,16:47 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

Paparan panas selama sesi sauna menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot-otot yang bekerja. Proses ini dapat menunda kelelahan dan meningkatkan performa atlet.

6. Risiko Yang Harus Diperhatikan

Meski sauna memiliki banyak manfaat, penting untuk memahami risikonya, terutama setelah berolahraga. Tubuh sudah kehilangan banyak cairan melalui keringat saat berolahraga, dan pergi ke sauna dapat memperburuk dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan hidrasi yang cukup sebelum dan sesudah sauna.

Ketidakseimbangan elektrolit juga merupakan risiko yang perlu dipertimbangkan. Keringat berlebihan saat berolahraga dan saat duduk dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang penting untuk fungsi otot dan proses tubuh secara umum. Selain itu, panas terik di sauna dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan panas berlebih atau serangan panas.

BACA JUGA:PT MUM Kembali Buka Loker BUMN Khusus Bagi Lulusan S1 IT, Simak Kualifikasi dan Persyaratannya

BACA JUGA:Perum DAMRI Buka Loker BUMN Posisi Staf IT Security dan Staf IT Developer, Simak Kualifikasinya

Perhatikan toleransi tubuh Anda dan istirahatlah di tempat yang sejuk jika Anda merasa terlalu kepanasan. Sauna pasca-latihan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pemulihan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Memahami manfaat dan risiko dapat memastikan bahwa Anda hanya mendapatkan manfaatnya dan menghindari efek sampingnya.

Kategori :