Setelah Berolahraga, Langsung Sauna, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Rabu 02-10-2024,16:47 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

BACA JUGA:Pertamina Resmi Turunkan Harga BBM Per 1 Oktober 2024, Ini Rincian Harga Terbarunya

BACA JUGA:KAI Properti Buka Loker BUMN Posisi Project Management Officer, Cek Kualifikasinya Disini

3. Efek Relaksasi

Sauna adalah tempat yang ideal untuk bersantai. Panas yang dihasilkan sauna membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan menghilangkan stres. Selain itu, panasnya sauna dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Relaksasi ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas tidur, penting untuk pemulihan otot setelah berolahraga. Sauna juga dapat membantu meringankan gejala depresi.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Meski sauna bukan alat utama untuk menurunkan berat badan, namun penggunaannya bisa membantu menghilangkan kelebihan cairan melalui keringat. 

BACA JUGA:Rekomendasi Smartphone Samsung Termurah dengan ROM 1TB

BACA JUGA:Hendri Donal Resmi Jabat Pj Sekda, Dilantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Hal ini dapat membantu penurunan berat badan sementara, terutama setelah olahraga berat, saat tubuh dapat menahan lebih banyak air.

Selain itu, dengan meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung, sauna dapat memberikan efek kalori, bahkan dalam jumlah kecil. Beberapa bukti menunjukkan bahwa sauna secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah sauna merupakan metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Penting untuk diingat bahwa penurunan berat badan di sauna terutama disebabkan oleh hilangnya cairan dan ini harus dibarengi dengan hidrasi yang cukup.

5. Tingkatkan Performa Olahraga dan Ketahanan

Sauna pasca latihan dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan performa dan daya tahan atlet. Penelitian menunjukkan bahwa atlet yang memasukkan sesi sauna dalam rutinitas latihannya mengalami peningkatan kinerja dan mengurangi nyeri otot setelah latihan intensif.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Raja Jalan Tol di Indonesia, Segini Harta Kekayaan Jusuf Hamka

BACA JUGA:BKPSDM Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Pasca Sanggah Pengadaan CPNS Pemkab Bengkulu Tengah

Kategori :